AAI dan Kodim 0832 Surabaya Selatan Berbagi dengan Anak Yatim dan ABK

SURABAYA (globa-news.co.id) – Menyambut Hari Ulang Tahun ke-726 Kota Surabaya, Kodim 0832 Surabaya Selatan bekerjasama dengan Autism Awareness Indonesia (AAI) DPD Jatim dan Precise Shoes menggelar acara buka bersama sekaligus berbagi dengan anak-anak penyandang autis, anak-anak sekolah luar biasa Bangun Bangsa, dan anak yatim. Kegiatan yang diselenggarakan di atrium Tunjungan Plaza 2 ini menarik perhatian masyarakat pengunjung mal, karena anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) tersebut juga menampilkan kepiawaiannya dalam bermusik, bershalawat dan memberikan tauziah.

Ketua panitia kegiatan, Vivin Komalia mengatakan, selain untuk berbagi, kegiatan ini digelar untuk mengajak masyarakat lebih memerhatikan anak-anak berkebutuhan khusus, terutama anak penyandang autis, dan bukan menganggap mereka sebagai sesuatu yang aneh, nakal dan kemudian dikucilkan. “Mereka ini membutuhkan pendidikan yang mengajarkan mereka agar bisa mandiri layaknya anak yang lain,” katanya usai berbuka, Rabu (29/5).

Komandan Kodim 0832 Surabaya Selatan, Letkol Inf Alfian SIP, berpose bersama usai memberikan bingkisan sepatu secara simbolis kepada anak-anak yatim dan penyandang autis.

Dijelaskan, prevalensi  autism di  dunia terus meningkat, khususnya di Indonesia. Merujuk pada Incidence dan Prevalence ASD (Autism Spectrum Disorder), terdapat 2 kasus baru per 1000 penduduk per tahun serta 10 kasus per 1000 penduduk (BMJ, 1997). Penduduk Indonesia yaitu 237,5 juta dengan laju pertumbuhan penduduk 1,14% (BPS, 2010), maka diperkirakan penyandang ASD-nya sekitar 2,4 juta orang dengan pertambahan penyandang baru  500 orang/tahun.

Selain sepatu untuk anak-anak berkebutuhan khusus dan anak yatim, dalam acara yang juga dihadiri Komandan Kodim 0832 Surabaya Selatan, Letkol Inf Alfian SIP, Ketua Dharma Wanita Surabaya Ny Iis Hendro tersebut dibagikan pula sembako bagi kaum dhuafa.ret