Wabup Raja’e: Pemberdayaan Perempuan Jangan Menyimpang Dari Kodrat

Raja’e berikan penghargaan pada perempuan hebat di Pamekasan.

PAMEKASAN (global-news.co.id) –Wabup Pamekasan Raja’e mengajak semua pihak untuk memperkuat komitmen meningkatkan kualitas keluarga dan peningkatan kualitas hidup perempuan. Langkah ini perlu dilakukan untuk mewujudkan cita cita luhur RA Kartini yang telah berjasa dalam memperjuangakan harkat dan martabat perempuan Indonesia.

Raja’e mengungkapkan hal itu saat memberi sambutan dalam acara Peringatan Hari Kartini ke 140 tahun 2019 di Pendopo Ronggosukowati, Senin (22/4/19) kemarin. Peringatan hari Kartini tersebut dihadiri pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Pamekasan, Forkopimda, para pengutus organisasi wanita di Pamekasan dan sejumlah undangan lainnya.

Meski demikian Raja’e berharap agar upaya pemberdayaan perempuan yang dilakukan harus tetap dalam bingkai yang sesuai dengan kodrat dan potensinya sebagai perempuan. Tidak boleh menyimpang dari kodrat. Sebab hal itu yang terjadi akan mengakibatkan terjadinya disharmonisasi social khususnya dalam kehidupan rumah tangga.

“Tapi, saya tetap mengingatkan bahwa kebijakan pemberdayaan kaum perempuan harus tetap berangkat dan bermuara dapa potensi dan kodrat perempuan. Bagaimanapun keinginan untuk mengangkat hak, harkat, dan martabat, kaum perempuan tidak boleh melampaui kodrat,” terangnya.

Pada acara tersebut Raja’e menyerahkan penghargaan kepada para perempuan hebat dan berprestasi dari Pamekasan. Diantaranya Ibu Anni Syafii, istri mantan Bupati Pamekasan Drs Achmad Syafii. Dia menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan kepada tokoh-tokoh perempuan Pamekasan yang selama ini sangat gigih memperjuangkan harkat dan martabat perempuan sesuai dengan bidang yang ditekuninya.

“Pada kesempatan yang menggembirakan ini saya sampaikan selamat dan penghargaan yang tinggi kepada ibu-ibu atas perjuangan dan dukungannya. Dengan demikian, peringatan hari Hari Kartini kali berjalan sesuai dengan harapan dan semangat kita bersama untuk menghargai jasa perempuan,” tandasnya.

Raja’e menambahkan tiap 21 April bangsa Indonesia khususnya kaum perempuan, tentu merasa bangga karena mengingat jasa sosok RA Kartini. RA Kartini, kata dia, merupakan pahlawan nasional yang telah mendarmabaktikan hidupnya untuk mengangkat harkat dan martabat perempuan Indonesia. Perjuangan RA Kartini harus menjadi inspirasi bagi perempuan-perempuan masa kini untuk berbakti diberbagai bidang.

“Atas nama pemerintah kami ucapkan selamat hari Kartini. Mari kita manfaatkan momentum peringatan ini untuk tidak sekedar mengingat jasa Kartini melainkan juga harus berupaya secara serius meniru dan mengupayakan merealisasikmkan cita cita dan perjuangan Kartini sesuai dengan kemampuan masing masing,” ajak mantan Ketua HMI Cabang Pamekasan ini. (mas)