Perolehan Suara PKS Pamekasan Melejit, Dari 3 Menjadi 8 Kursi

Ahmad Jailani dan Moh Alim.

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Perolehan kursi Partai Keadilan Sejahtera Kabupaten Pamekasan pada Pemilu tahun ini diyakini naik drastis. Partai Islam moderat ini diprediksi akan memperoleh 8 kursi atau naik hampir mencapai 200 persen dibandingkan dengan perolehan kursinya pada Pemilu tahun 2014 lalu.

Sekedar diketahui pada Pemilu tahun 2014 lalu, PKS Pamekasan mendapatkan kursi sebanyak tiga kursi. Namun pada hasil Pemilu tahun 2019 ini PKS Pamekasan diyakini akan mendapatkan 8 kursi atau naik sekitar 170 persen dari 3 kursi hasil Pemilu 2014 menjadi 8 kursi di Pemilu serentak tahun 2019 ini.

Kenaikan jumlah perolehan kursi tersebut diyakni oleh pengurusnya sebagai buah dari beberapa faktor. Diantaranya, soliditas kader partai. Para kader PKS pada Pemilu tahun ini memang memeliki semangat dan militansi juang serta kekompakan yang luar biasa. Ini terjadi karena Pemilu kali ini pemilu serentak antara Pileg dan Pilpres dimana PKS mendapat imbas dari nuansa Pilres.

Kemudian faktor berikutnya adalah kondisi mesin partai yang senantiasa berjalan maksimal. Kordinasai dan kemkompakan dari para kader partai dalam menjalankan petunjuk partai menghadapi Pemilu tahun ini sangat bagus. Dengan begitu pergerakan partai sangat dinamis.

“Selain itu pada pemilu kali ini ada sesuatu yang berbeda dengan Pemilu sebelumnya, yakni simpati dan kepercayaan masyarakat terhadap PKS sudah kembali tinggi. Apalagi saat sekarang pemilu legislative dan Pilpres bersamaan, ada hubungan signifikan antara Figur Capres dan Cawapres yang diusung PKS dengan simpatik masyarakat. Di beberapa daerah, selain mendukung caleg, masyarakat banyak yang mendukung pasangan Capres dan Cawaopresnya,” kata Ketua DPD PKS Pamekasan Ahmad Jailani.

Die mengucapkan terima kasih atas besarnya dukungan masyarakat pada PKS pada Pemilu tahun ini. Dia juga meminta doa kepada seluruh masyarakat agar anggota legislative dari PKS bisa mengenban amanah dengan baik. Aspirasi rakyat bebar-benar terwakili. Kepada kader partai yang melenggang ke gedung parlemen, dia menitipkan amanah yang diberikan rakyat harus dijalankan dengan ikhlas dan maksimal.

“Mohon doanya agar angggota legislative dari PKS mampu mengemban amanah dengan baik. Bagi kami keberhasilan dan kemenangan yang sebenarnya bukan hanya terbatas banyak beetambahnya jumlah perolehan kursi, namun sejauhamana para kader kami bisa mengabdi dengan maksimal di legislative yang tuiuannya untuk kepentingan rakyat,” jelasnya.

Ahmad Jailani mengungkapkan berdasarkan hasil real count di internal Partainya, 8 kursi di DPRD Pamekasan yang akan diraih oleh PKS rinciannya adalah berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) I, III, dan IV masing-masing PKS memperoleh 2 kursi. Kemudian untuk Dapil V dan Dapil II masing masing diketahui akan memperoleh 1 kursi. (mas)