Ribuan Orang Ikuti Airun FK Unair

Para peserta Airun Dekan Cup 2019 dilepas Dekan FK Unair, Minggu (17/3) pagi.

SURABAYA (global-news.co.id) –  Sektiar 1.000 orang mengikuti  hajatan Aesculap Inspire to Run (Airun) 6K yang digelar Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga , Minggu (17/3) pagi. Bukan hanya para mahasiswa dan alumni, kegiatan semacam fun run yang menjadi pembuka ajang tahunan Dekan Cup  ini juga diikuti masyarakat umum, pelajar, dan beberapa pelari profesional dari berbagai kota.

Ketua pelaksana Dekan Cup FK Unair 2019, Ihsan Fachry Arba, mengungkap, jumlah peserta fun run bertema  ‘Drug Abuse: Alternating Euphoria’ ini di luar dugaan karena meningkat dua kali lipat dibanding penyelenggaraan tahun lalu.  “Selain Airun yang terbuka untuk umum, kami juga menyelenggarakan lomba internal untuk beberapa cabang olahraga dan non olahraga. Cabang olahraganya seperti futsal, basket, lari, dan tarik tambang, sedang yang non olahraga antara lain lomba band, FK Idol, dan lainnya,” ujarnya Minggu pagi.

Dekan FK Unair Prof Dr dr Soetojo SpU (K) dengan salah satu peserta tersepuh dr Bayu Santoso.

Kegiatan yang dimaksudkan sebagai ajang silaturahmi tahunan antar mahasiswa FK Unair juga mendapat respon positif dari Dekan FK Unair, Prof Dr dr Soetojo, SpU(K) . “Kegiatan ini bagus, setidaknya untuk mengeskpresikan bakat-bakat mereka serta untuk melatih soft skill. Jadi mereka ini tidak hanya pinter akademisnya, tapi sebagai mahasiswa mereka juga pinter mengelola kegiatan. Sehingga nantinya ketika menjadi dokter dan terjun ke masyarakat, mereka tidak hanya pintar di bidangnya tapi juga harus inovatif, berjiwa sosial dan juga bermoral,” kata Soetojo ditemui di garis finish.

Airun Dekan Cup FK Unair 2019 sejauh 6 Km itu dimenangi oleh Mursalim Alim asal Bima yang mencapai finish di menit  ke-19.  Sementara di bagian putri, Andiva Wardhani Putri Z, keluar sebagai penemang 1 yang mencapai finish di menit ke-25. Kedua pemenang ini mendapatkan medali emas dan uang tunai masing-masing sebesar Rp 2 juta.ret