BEM FK Unair Gelar Airun di Dekan Cup 2019

SURABAYA (global-news.co.id) – Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Kedokteran (BEM KM FK) Universitas Airlangga kembali menggelar Dekan Cup 2019. Kegiatan dalam Dekan  Cup kali ini diawali dengan Aesculap Inspire to Run (Airun) –semacam fun run, show case, dan pemeriksaan kesehatan pada Minggu (17/3) pagi.

Ketua pelaksana Dekan Cup FK Unair 2019, Ihsan Fachry Arba mengatakan Dekan Cup yang akan berlangsung hingga 3 Mei terdiri dari 3 rangkaian kegiatan, yaitu opening, competition session, dan closing.

“Untuk lari pagi yang berkonsep fun run ini kami mengusung tema ‘Drug Abuse: Alternating Euphoria.’ Ini berlatar belakang penyalahgunaan narkoba yang kian memprihatinkan dibanding sebelumnya dan  perlu mendapat perhatian lebih serius,” ujarnya Senin (4/5).

Lewat kegiatan fun run ini, pelari tidak hanya mengikuti lari maraton, tapi juga diajak untuk mengetahui dampak penyalahgunaan narkoba di pos-pos yang sudah ditentukan. Di setiap pos akan ada talent man atau seseorang yang memeragakan langkah-langkah keadaan seseorang jika menjadi korban penyalahgunaan narkoba dan bagaimana menghindari kecanduan obat tersebut. Kegiatan lari ini juga dimeriahkan dengan taburan bubuk warna warni untuk meningkatkan eforia dari airun.

Airun 2019, lari sejauh 6 Km ini tak hanya diikuti para dokter dan sivitas akademika FK Unair, tapi juga masyarakat umum, siswa SMA dan SMP yang gemar acara lari, serta komunitas lari. “Kami berharap kegiatan ini bisa menghidupkan akhir pekan warga Surabaya,” kata Ihsan

Usai lari, peserta fun run bisa mengikuti cek kesehatan secara gratis yang digagas bersama RSUD dr Soetomo bersama salah satu laboratorium untuk pemeriksaan seperti spirometri, rapid tes untuk gula darah, kolestrol, dan asam urat. Penyelenggara juga bekerjasama dengan program studi Pengobatan Tradisional menggelar pemijatan gratis.

Fun run yang berbandrol Rp 150 ribu ini menyediakan hadiah bagi 3 pemenang putera dan 3 pemenang puteri dengan nilai  total sekitar Rp 10 juta. Sedang sesi kompetisi melibatkan peserta internal dari fakultas kedokteran dan akan ditutup pada 3 Mei.ret