HPN 2019: PWI Jatim – SKK Migas Gelar Rembuk Migas

SURABAYA (global-news.co.id) – Persatuan Wartawan Indonesia Jawa Timur (PWI Jatim), bekerja sama dengan SKK Migas Jabanusa menggelar acara Rembuk Migas di Hotel Kampi, Surabaya, Rabu (6/2/2019).

Acara dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN 2019) tersebut mengusung tema “Peluang dan Tantangan Sektor Hulu Migas Indonesia Prospek Masa Depan Media Massa”.

Dalam sambutannya, Ali Masyhar, selaku Kepala SKK Migas Jabanusa, mengucapkan terima kasih karena telah diberi kesempatan melalui berbagai kegiatan pers.

Ali memaparkan, bahwa migas merupakan objek nasional strategis dan memiliki peran penting dalam segi perekonomian di Indonesia.

“Maka berbicara pembangunan apapun akan menjadi omong kosong apabila kita tidak punya energi,” kata Ali Masyhar.

Dikatakan, hingga saat ini migas masih memberikan sumbangan terbesar bagi pendapatan Negara, yakni mencapai Rp240 triliun. Jika dikumpulkan, total sumbangan migas terhadap APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara) mencapai seperempat pendapatan negara.

“Hari ini APBN masih sangat membutuhkan penerimaan dari migas,” kata Ali Masyhar.

Oleh sebab itu, Ali Masyhar berharap kepada semua pihak untuk mendorong agar migas tetap bisa memberikan manfaat bagi bangsa Indonesia.

Untuk itu pemanfatan migas tidak bisa dipisahkan dengan peran media massa sebagai sarana sosialisasi produk yang dihasilkan.

“ Diperlukan sinergi dengan media karena saat ini masuk era global,” ucapnya.

Pembicara lain Hadi Prasetyo mantan Asisten II Pemerintah Provinsi Jawa Timur, mengatakan SKK Migas sudah waktunya bisa mandiri, karena selama ini masih butuh peran pihak ketiga.

“Memang harus dipersiapkan, mulai dari SDM hingga teknologi yang akan digunakan, agar tidak lagi tergantung dengan pihak ketiga soal pengolahan minyak, punya kilang sendiri, karena selama ini hasilnya selalu jadi barang impor, mentah dari sini dikirim ke luar, setelah jadi diimpor balik,” tuturnya.

Oleh karenanya, Hadi Prast juga berharap peran media hadir di dalamnya, untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat tentang berbagai proses dan tahapan yang dilakukan SKK Migas. (fan)

Tag: