Bupati Optimis RSUD Dr Slamet Martodirjo Naik Jadi Type B Plus

Badrut Tamam


PAMEKASAN (global-news.co.id) –
Bupati Pamekasan Badrut Tamam optimis nilai akreditasi Rumah Sakit Umum Daerah Dr Slamat Martodirjo Pamekasan tahun ini akan menjadi rumah sakit type B plus. Dengan begitu RSUD ini akan bisa meningkatkan pelayanannya secara maksimal. Optimisme itu disampaikan Badrut Tamam usai menemui asesor akreditasi Rumah Sakit, Selasa (12/2/19).

“Akreditasi rumah sakit kita bagus, target kita nanti akan semakin bagus. Beberapa catatan dari tim asesor, kita diakui bagus. Bahkan, target kita pelayanan RSUD kita lima tahun ke depan pelayanan semakin excellent,” terang RBT sapaan akrab Bupati Tamam kepada wartawan usai memberikan penjelasan komitmennya di hadapan tim asesor.

Selama ini, kata dia, RSUD Pamekasan telah menjadi rujukan dari warga kabupaten lainnya di Madura seperti dari Sampang, Sumenep. Kondisi ini menjadi layak kalau kemudian RSUD Pamekasan terus bisa menaikkan akreditasi dan pelayanannya sehingga akan bisa berbuat maksimal melayani masyarakat di Madura.

“Disini jadi rujukan dari warga dan masyarakat Sampang, Sumenep, banyak orang yang kesini lho. Memang untuk kemungkinan untuk mendapatkan nilai A masih sulit. Sehingga, target B plus dirasa sudah bagus. Kalau bermimpi dapat A, saya rasa masih sulit. Jadi B plus yang pantaslah,” tandasnya.

Wakil Direktur Keuangan RSUD Dr Slamet Martodirjo Daeng Ali Taufik mendampingi Direktur Dr Farid Anwar mengungkapkan akreditasi ulang ini sudah dimulai sejak 11 Februari hingga 14 Februari 2019 besok. Selasa kemarin jadwal penilaian untuk materi penilaian tentang komitmen pimpinan. Kebetulan dihadiri langsung oleh Bapak Bupati Pamekasan.

Kehadiran Bapak Bupati langsung, kata Taufik, merupakan poin yang luar biasa. Bupati bisa menunjukkan seberapa besa komitmennya untuk membangun dan meningkatkan pelayanannya pada rumah sakit ini. Karena upaya apapun yang dilakukan oleh rumah sakit tetap bergantung pada pimpinan atau orang nomor satu di daerah yakni Bupati Kepala Daerah.

“Ketika beliau menyampaikan komitmennya dihadapan tim asesor tadi, komitmennya sangat luar biasa bagus dalam meningkatkan mutu pelayanan maupun keselamatan pasien. Penyediaan anggaran, fasilitas sarana dan prasarana serta pemenuhan Sumber Daya Manusia (SDM),” ungkap Taufik.

Bupati Badrut Tamam, tambah Taufik, betul-betul berkomitmen untuk meningkatkan pelayanan yang lebih maksimal serta masyarakat mendapatkan pelayanan yang aman juga. Tentu saja untuk memenuhi komitmen itu butuh sumber daya yang lain, seperti sumber daya keuangan, sarana dan prasarana. Dan semua kebutuhan itu telah dipikirkan oleh Bupati.

“Komitmen Bapak Bupati menjadikan Rumah Sakit bisa memberikan yang maksimal ini merupaan bagian dari komitmen beliau secara umum untuk meningkatkan pelayanan di daerah ini. Banyak terobosan baru yang beliau lakukan dan sudah diterapkan di rumah sakit ini, utamanya yang terkait etika pelayanan pada pasien,” pungkasnya. (mas)