Global-News.co.id
Indeks Metro Raya Utama

Dalam Rangka HPN 2019 900 Warga Bangkalan Ikuti Pemeriksaan Kesehatan Gratis

BANGKALAN (global-news.co.id) – Warga Bangkalan, Madura, antusias mengikuti bakti sosial, berupa pemeriksaan kesehatan, pemberian obat-obatan dan sembako gratis, di Pendopo II Pemerintah Kabupaten setempat, Kamis (31/1) pagi.

Baksos bidang kesehatan, dilaksanakan dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) 2019 di Jawa Timur.

Pemeriksaan kesehatan tersebut meliputi skrining mata, tes kepikunan, kolesterol, asam urat, konsultasi gizi, penyakit dalam, pemeriksaan jantung dan donor darah.

Sebanyak 900 warga memanfaatkan baksos itu. Begitu antusiasnya, banyak warga yang sudah hadir beberapa jam sebelum acara dimulai.

Seusai pemeriksaan, seluruh pasien diberi obat-obatan dan sembako secara cuma-cuma. Bagi yang memerlukan penangan lebih lanjut, langsung diberi surat rujukan menuju rumah sakit.

Gubernur Jawa Timur, Dr H. Soekarwo, yang akrab disapa Pakde Karwo, dalam kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan baksos yang dimotori Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), dilaksanakan dengan hati, untuk berbuat kebaikan khususnya dalam bidang kesehatan.

Sementara itu, Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari menyatakan, baksos ini merupakan kado HPN 2019, buat masyarakat Bangkalan, sebagai wujud kepedulian kalangan pers kepada warga di kabupaten ini.

Bupati Bangkalan, RKH Abd Latif Imron, menyampaikan ucapan terima kasih, karena kabupaten ini dijadikan sebagai tempat bakti sosial. Agenda ini merupakan momentum untuk meningkatkan pendekatan antara kalangan pers dengan masyarakat Bangkalan.

Selain pemeriksaan, juga dilaksanakan pameran kesehatan, untuk membangun jejaring rujukan pelayanan kesehatan di wilayah Madura dan kuis sehat cerdas.
Kegiatan baksos, antara lain melibatkan Rumah Sakit Soetomo, RS Haji, RS Menur, RS Mata Masyarakat, RS Paru, RS PHC. Semuanya berlokasi di Surabaya.

Rumah sakit lainnya adalah RS RSUD Bangkalan, RS Moch Noer Pamekasan dan RS Sumberglagah Mojokerto. Rumah sakit tersebut di bawah kordinasi Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi Jatim. (fan)

baca juga :

Musim Pancaroba, Waspadai Beberapa Penyakit Penyerta

Redaksi Global News

Terinspirasi dari Walikota Eri, Camat di Surabaya Mulai Ngantor dan Buka Layanan di Balai RW

Bantu Warga Terdampak Pandemi, Pengusaha Properti di Sidoarjo Menyumbang 25 Ton Beras dan 1.000 Box Masker

gas