Gubernur Resmikan 4 Masjid Cheng Hoo di Kaltim

SAMARINDA (global-news.co.id) – Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Senin (26/11/2018), meresmikan pengoperasian 4 Masjid Cheng Hoo di Kaltim yang dipusatkan di Masjid Cheng Hoo Kesatuan, Samarinda. Setidaknya 800 undangan hadir di acara tersebut. Acara berlangsung mulai pukul 13.00 WIT berakhir sekitar pukul 17.00.

Hadir dalam acara tersebut yakni Gubernur Kaltim Dr. H. Isran Noor beserta Wakil Gubernur H. Hadi Mulyadi, M.Si, Pejabat TNI-Polri, utusan dari Kedubes AS, Ketua Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo H.A. Nurawi, dari Masjid Cheng Hoo Jember Lau Song Tjai, Yayasan Persaudaraan Marga Zhuang-Yan Indonesia Sumatera Barat Eddy Djuandy serta undangan lainnya.

Keempat masjid tersebut dibangun oleh H.M. Jos Soetomo, yakni, Masjid Cheng Hoo Kesatuan, Fastabiqul Khairat di Jl. A.W. Syahranie Samarinda, Masjid Cheng Hoo di Batuah di Jalan Poros Samarinda-Balikpapan Km 23 Kabupaten Kutai Kertanegara.

Gubernur dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada H.M. Jos Sutomo yang mempunyai peran besar tidak hanya di bidang keagamaan, tetapi juga bidang ekonomi. “Di bidang ekonomi Pak Jos banyak menampung tenaga kerja. Di bidang keagamaan hari ini sekaligus meresmikan 4 masjid Cheng Hoo di Kaltim,” kata Gubernur.

Sementara Jos Sutomo mengatakan, ilmu Cheng Hoo bisa mengatasi berbagai persoalan dunia. Mengapa? Karena Cheng Hoo memberikan kedamaian. Bukanlah permusuhan. “Marilah harmoni kita jadikan kekuatan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan negara Indonesia,” kata Jos Sutomo.

Menurut Jos Sutomo, dirinya tak akan berhenti di sini dalam membangun Masjid Cheng Hoo, selama ada rezeki dia akan terus membangun Masjid Cheng Hoo di seluruh nusantara. Hal ini dilatarbelakangi untuk berbuat kebaikan. “Dua minggu lagi, Insyaallah akan dibangun Masjid Cheng Hoo baru di Samarinda,” kata Jos.

Acara peresmian tersebut juga diisi oleh sejumlah kesenian, khususnya oleh murid-murid perguruan Fastabiqul Khairat, etnis Tionghoa Samarinda hingga dari Polwan Polres Samarinda. Acara ini terasa spesial karena gubernur beserta wakilnya sampai tuntas mengikuti acara.(Erfandi Putra)