124 Orang Mendonorkan Darahnya di Cheng Hoo

Ustad Hasan (kiri berdiri) bersama Totok Sudarto saat berlangsung donor darah di Masjid Cheng Hoo Surabaya.

SURABAYA (global-news.co.id) – Kembali, Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Indonesia (YHMCHI)-PITI-Harmonis Karaoke Club dengan didukung penuh oleh PT Matahari Sakti mengadakan donor darah di Masjid Cheng Hoo Surabaya, Jl. Gading No.2, Ketabang, Genteng, Surabaya. Setidaknya 124 orang dari Surabaya dan sekitarnya mendonorkan darahnya pada acara yang digelar, Minggu (4/11/2018) pagi.

Totok Sudarto, Dewan Kehormatan PMI Kota Surabaya, mengatakan, animo dari masyarakat cukup positif. Buktinya target kami sebanyak 100 orang terpenuhi. Bahkan ada 124 orang. Ini membuktikan bahwa pelaksanaan donor darah di Cheng Hoo mendapat respon dari masyarakat luas.

“Kami sudah melaksanakan donor darah di Cheng Hoo 2,5 tahun. Donor darah dilaksanakan setiap 2,5 bulan sekali. Pelaksananya YHMCHI-PITI-Harmonis Karaoke Club dan didukung penuh oleh PT Matahari Sakti,” kata Totok.

Totok mengatakan, setiap pendonor mendapat 1 paket sembako yang isinya 1 kg beras, gula, migor ditambah 1 kaleng susu dan 5 bungkus mie. “Tidak semua pendaftar kami terima. Kami periksa dulu HB dan tensinya. Bila tak memenuhi syarat dengan berat hati, kami tidak menerima untuk ikut donor. Bagi mereka ini kami menyediakan hadiah sandal,” katanya.

Sementara itu, Hasan Basri, Pelaksana Harian YHMCHI mengatakan, acara donor darah ini merupakan acara rutin. “Ini merupakan bentuk kepedulian YHMCHI dan PITI dalam hal kegiatan sosial. Seperti diketahui tidak jarang sejumlah rumah sakit saat-saat tertentu kekurangan darah. Inilah yang menjadi salah satu pemikiran bahwa kami harus berbuat untuk nyawa orang lain melalui pelaksanaan donor darah ini,” kata Hasan Basri.

Puspita Dewi Prijadi, Presdir Matahari Sakti Group mengatakan, pihaknya selalu mendukung kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh YHMCHI dan PITI. Tidak hanya donor darah, kegiatan berbagi yang biasanya digelar sepanjang Ramadhan di Masjid Cheng Hoo, Matahari Sakti mendukung sepenuhnya. Mengapa? Karena YHMCHI-PITI bekerja profesional.

“Terakhir saya ucapkan selamat kepada seluruh panitia donor darah yang telah meluangkan waktu untuk mensukseskan acara yang menurut saya sangat penting untuk membantu orang lain, terutama yang membutuhkan darah,”katanya. (Erfandi Putra)