Tawarkan Pemeriksaan Gratis di Jatim Fair, RSU Haji Matangkan Children Care Center

GN/Retno Asri Salah seorang pengunjung Jatim Fair tengah berkonsultasi dengan dr Rita Vivera Pane SpKFR, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi RSU Haji Surabaya.

SURABAYA (global-news.co.id) – RSU Haji Surabaya terus mematangkan rencananya membangun children care center. Layanan penanganan anak secara terpadu ini nantinya akan ditempatkan di gedung yang akan dibangun di sisi timur rumah sakit.

Direktur RSU Haji Surabaya, Dr drg Sri Agustina Ariandani MKes, mengatakan, pembangunan gedung setinggi 5 lantai  tersebut akan dimulai pada 2019. “Gedung ini akan menempati sisi timur untuk menyeimbangan dengan gedung UGD yang terletak di sisi barat,” ujarnya di sela pembukaan Jatim Fair yang digelar di Grand City dalam rangka HUT ke-73 Provinsi Jawa Timur, Selasa (9/10).

Mengapa children care? Karena selama ini jumlah kunjungan pasien anak dengan aneka kasus pediatrik terus meningkat. Begitu pula kasus anak berkebutuhan khusus (ABK) yang harus terus dipantau perkembangannya.

Dijelaskan, layanan children care center itu nantinya bakal menempati lantai 2 gedung dari gedung yang segera dibangun tersebut. Layanan ini melibatkan ahli-ahli yang berkaitan dengan perkembangan anak,  termasuk juga psikolog anak, fisioterapi, THT anak, dan pediatric ophtalmologi. Sehingga bila terjadi kasus secara komprehensif bisa segera ditangani oleh ahli-ahli yang berkompeten.

Meski membangun, tapi RSU Haji belum akan menambah tempat tidur (tt) karena layanan yang diberikan di gedung baru nantinya adalah untuk rawat jalan bukan rawat inap.

Selain anak-anak, jumlah pengunjung lanjut usia (lansia) di rumah sakit milik Pemprov Jatim juga cukup banyak dengan beragam keluhan.

Terkait HUT Provinsi Jatim, RSU Haji memberikan layanan pemeriksaan kesehatan secara gratis di arena pameran. Pemeriksaan yang diberikan dalam pameran yang berlangsung hingga 14 Oktober itu meliputi pemeriksaan gula darah secara acak, kolesterol, tekanan darah, USG, pijat bayi, serta konsultasi gratis dokter kandungan dan kebidanan, dokter anak, radiologi, dan rehabilitasi medis.  “Di sini pengunjung bisa memeriksakan diri dan berkonsultasi dengan dokternya langsung,” kata dr Rita Vivera Pane SpKFR, spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi RSU Haji Surabaya.retno