Global-News.co.id
Indeks Pantura Utama

Kabupaten Gresik Borong Dua Penghargaan di Ajang Good Practice Awards 2018

GRESIK (GLOBAL-NEWS.CO.ID) – Kabupaten Gresik berhasir memborong dua penghargaan di Penganugerahan Good Practice Awards 2018. Yakni penghargaan Otonomi Award dan Top 25 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) tingkat Jawa Timur tahun 2018.

Dua penghargaan tersbeut diterima Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto dari Gubernur Jawa Timur, Soekarwo di Hotel Shangri-La Surabaya, Senin malam (22/10/2018).

“Kami sangat bersyukur sekali dengan diraihnya kedua penghargaan yang diterima oleh Kabupaten Gresik malam ini. Ini merupakan kerjasama semua pihak diiringi doa dan dukungan seluruh masyarakat serta para alim ulama di Kabupaten Gresik,” ucap Bupati Sambari usai menerima penghargaan.

Menurut Bupati Sambari, dua penghargaan ini menjadi pemicu untuk terus berinovasi demi kemudahan pelayanan public dan demi terciptanya pelayanan public yang prima.

Penghargaan pertama yang diraih yaitu Inovasi pelayanan public yang digagas oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) terkait dengan pendataan penduduk berbasis system informasi (online). Inovasi tersebut adalah Laperde (Laporan Petugas Registrasi Desa). Penghargaan yang diraih tersebut dengan kategori tata kelola penyelenggaraan pelayanan public yang efektif, efisien dan berkinerja tinggi.

Penghargaan yang kedua adalah Sekolah Perempuan (Sekoper) kategori Bidang Pembangunan Inklusif yang digagas oleh Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KBPPPA) dalam Good Practice Award tingkat Provinsi Jawa Timur.

Menurut Bupati Sambari, Dispendukcapil memberikan kemudahan kepada masyarakat dan petugas dalam rangka pendataan administrasi kependudukan secara online melalui sejumlah aplikasi pendukung.

“Dengan aplikasi pendukung yang sudah diciptakan oleh Dispendukcapil, lalu Dispendukcapil menerjunkan petugas pendata registrasi dan mendatangi setiap kelurahan dan desa untuk melakukan identifikasi warga yang belum melakukan perekaman ataupun yang belum melaporkan status kependudukannya. Sehingga masyarakat tak perlu lagi ke kantor dispendukcapil,” ujar Bupati Sambari.

Sementara itu, terkait dengan Sekolah Perempuan, Bupati Gresik mengatakan  bahwa Sekoper merupakan salah satu upaya memberdayakan perempuan di Kabupaten Gresik.

Dikatakan Bupati, Pemerintah Kabupaten Gresik mempunyai komitmen untuk selalu melayani masyarakat dengan sepenuh hati. Dengan dimbangi dengan berbagai inovasi-inovasi terkait dengan pelayanan public terhadap masyarakat. (sep)

baca juga :

Dua Tahun Kepemimpinan Badrut Tamam-Raja’e: Menata Start Melompat Menuju Pamekasan Hebat

gas

Raih Emas Duathlon, Jatim Incar Juara Triathlon

Redaksi Global News

Kerja Tuntas, Mensos Cek Kelancaran Proses e-Warong

Redaksi Global News