Badrut Tamam: TMMD Bukan Hanya Infrastruktur, Juga Tumbuhkan Semangat Membangun Warga

GN/Masdawi Dahlan
Bupati Badrut Tamam dan Wakilnya, Raja’ie menyerahkan bibit pada peserta TMMD.

PAMEKASAN (global-news.co.id)-Program TMMD bukan hanya untuk membangun sarana dan prasarana di desa, namun TMMD juga menjadi penumbuh semangat warga desa untuk membangun desanya bersama sama TNI. Karena itu dengan program TMMD ini masyarakat desa harus bangkit kesadarannya untuk membangun desanya.

Hal itu diungkapkan Bupati Pamekasan Badrut Tamam saat memberi sambutan saat menjadi inspektur upacara pada upacara Pembukaan TMMD ke-103 wilayah Kodim 0826 Pamekasan yang digelar di Desa Pasangger Kecamatan Pegantenan (15/10/18). TMMD tahun ini bertema “TNI Manunggal Rakyat Dalam Mewujudkan Desa Maju Sejahtera dan Demokratis”.

Badrut Tamam menjelaskan TMMD adalah program lintas sektoral yang melibatkan kementrian, pemerintah propinsi, pemerintah daerah kabupaten dan masyarakat. Lokasinya diletakkan di desa terpencil. Pelaksanaannya serentak di seluruh Indonesia.

Untuk kesuksesan program TMMD ini, kata dia, perlu adanya kepedulian semua pihak. Bukan hanya pihak TNI yang menjadi pelaksana program, namun juga tokoh masyarakat desa dan pemerintahan desa untuk memotivasi masyarakat agar memiliki kesadaran membangun yang tumbuh dari keiginan dan kesadaran sendiri.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada kepala desa di sini yang telah menyadarkan warganya yang telah menghibahkan tanahnya untuk dijadikan jalan umum. Inilah tujuan TMMD itu yang sebenarnya membangkitkan semangat warga desa untuk bangkit keinginan membangun sendiri,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Achmaf Faisol mengungkapkan TMMD ini tujuannya adalah meningkatkan kesejahteraan dan kenyamanan hidup bagi masyarakat desa. DenganTMMD infrastruktur desa akan makin baik, maka sosial ekonomi akan lebih dinamis dan kenyamanan hidup masyarakat akan terasa.

“Betul sekali apa yang dikatakan Bapak Bupati bahwa perlu kerjasama dan keterlibatan semua pihak. Bukan hanya TNI saja, namun pihak elemen lain di desa tokoh masyarakat dan aparat desa. Tujuannya untuk tumbuhkan kesadaran membangun. Jika ada kesadaran maka akan ada pengorbanan untuk kebaikan bersama,” katanya.

Kepala Desa Pasangger Abd Hadi berterima kasih kepada pemerintah daerah khususnya kepada Bupati Pamekasan juga kepada Kodim 0826 Pamekasan karena menjadikan desanya sebagai pilihan lokasi pelaksanaan TMMD tahun ini. Dia yakin program TMMD ini akan sangat besar menfaatnya untuk pembangunan desanya.

“Insya Allah akan makin baik, jika infrastruktur makin baik, juga mental masyarakatnya juga makin baik, kesadaran untuk bersama sama membangun desanya juga makin meningkat. Nah inilah yang nanti akan menjadi jalan menuju meningkatnya  kesejahteran hidup masyarakat di desa ini,” katanya. (mas)