Selamat Datang Kapolda Baru

 

Seperti diketahui, upacara farewell, tradisi pergantian Kapolda digelar di halaman Mapolda Jatim, Rabu (12/8/2018). Acara Farewell ini merupakan rangkaian pergantian tongkat komando dari Kapolda Jatim dari Irjen Pol Machfud Arifin kepada Irjen Pol Luki Hermawan. Seluruh pasukan dari segala fungsi Polri turut dilibatkan dalam acara upacara Farewell ini.

Mulai dari, pasukan Pusdik Brimob Watukosek, Pamen dan Pama Polda Jatim, Batalyon dua gabungan staf, Ditsabhara, Ditpolair, Staf dan ASN Polri, perwakilan personel Polresta Sidoarjo dan Polres Tanjung Perak Surabaya serta Batalyon Rantis kendaraan roda dua dan empat. Selain itu, juga dihadiri seluruh Kapolres dari 39 Polres jajaran di Polda Jatim. Dalam kegiatan upacara farewell tersebut. Sesuai jadwal, setelah itu Irjen Pol Machfud Arifin akan disambut di Gedung utama. Dia akan dilepas oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan bersama Wakpolda Brigjen Pol M Iqbal. Selamat datang Kapolda Jatim yang baru Luki Hermawan, dan selamat berpisah Machfud Arifi.

Luki sebagai Kapolda Jatim yang baru sudah menekankan akan fokus pada agenda pemilu Legislatif (Pileg) dan pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Dia pun menyusun program kerja 100 hari, mulai langkah preventif pengamanan sampai penguatan di segala sektor Polres jajaran. Kenyataan ini sesuai dengan program prioritas dari Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian yakni menjadikan Kepolisian Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya) untuk menjaga Kambtibamas selama berlangsungnya pesta demokrasi di Indonesia.

Kita sama-sama mengetahuinya bahwasanya 2018 hingga 2019 ini adalah tahun politik, dan ini menjadi prioritas Kapolda yang baru. Membangun dan menciptakan situasi yang kondusif di Jawa Timur menjadi sebuah keharusan untuk menciptakan suasana aman bagi seluruh masyarakat di provinsi ini, dan ini harus mendapat dukungan seluruh lapisan masyarakat, umaro dan ulama. Tak lupa pula sinergitas dengan awak media untuk menciptkan iklim informasi yang kondusif juga sangatlah diperlukan, sehingga semua pemberitaan benar-benar bermanfaat untuk seluruh masyarakat.

Sementara langkah Kapolda baru mendekati ulama, bahkan pada awal-awal bertugas bersilaturrahim dengan ulama merupakan hal yang tepat. Seperti halnya saat Irjen Pol Luki Hermawan berkunjung ke rumah Ketua MUI (Majelis Ulama Indonesia) Jawa Timur, KH Abdusshomad Bukhori di Sepanjang, Sidoarjo, Selasa (11/9/2018). Semoga dengan adanya saling pengertian semua lapisan, harapan Jatim untuk menjadi provinsi yang aman dapat tercapai. Selamat bertugas Kapolda baru.(*)