Mantan Dirut Pertamina Luncurkan Buku ‘Perjalanan Pertamina Menuju World Class Company’

Ibrahim Hasyim dan Ariffi Nawawi dan istri.

JAKARTA (GLOBAL-NEWS.CO.ID) – Bersamaan dengan Nicke Widyawati ditetapkan sebagai Dirut Pertamina, pada tanggal 1 September 2018, Ariffi Nawawi, mantan Dirut Pertamina, meluncurkan buku “Perjalanan Pertamina Menuju World Class Company di Wisma Prapatan Kebayoran Baru Jakarta. Menurut Ariffi, Pertamina pada masa lalu sudah banyak berperan dan berhasil dalam meletakkan dasar pembangunan terutama di sektor hulu dan hilir, tidak hanya di sektor migas, tetapi juga industri dasar seperti pabrik baja, pabrik pupuk, infrastruktur darat, laut dan udara.

Tetapi kemudian dalam perjalanannya Pertamina mengalami pengembangan peran, yang pada tahap awal diarahkan menuju ke perusahaan kelas dunia, akhir-akhir ini peran sebagai BUMN lebih mengemuka, karena harus memikul tugas Pemerintah di bidang sosial seperti BBM satu harga dan termasuk kebijakan harga BBM tetap tanpa subsidi sekalipun harga minyak dunia meningkat. Hadir dalam acara itu para senior Pertamina termasuk mantan dirut Baihaki hakim dan Ari Sumarno yang sekaligus menjadi pembahas.

Keberhasilan Pertamina ke depan, kata Ariffi, sangat ditentukan pada kepemimpinan yang kuat seperti keberhasilan yang telah terbukti di masa yang lalu. Apakah itu mudah, Ibrahim Hasyim, salah satu pengamat migas, menyatakan, kelihatannya agak sulit melihat seringnya penggantian Direksi Pertamina dengan latarbelakang yang beragam. (fan)