12 Pasang Kepala Daerah Hasil Pilkada Serentak di Jawa Timur Resmi Dilantik

GN/Istimewa
Bupati/Wakil Bupati Pamekasan Badrut Tamam – Raja’e didampingi istri usai dilantik. Sebanyak 12 kepala daerah hasil pilkada serentak 2018, resmi dilantik, Senin (24/9/2018).

SURABAYA (global-news.co.id)-12 pasangan kepala daerah periode 2018-2023 dilantik di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo Surabaya, Senin (24/9/2018). Para kepala daerah yang baru saja dilantik tersebut diminta untuk segera merealisasikan janji kampanye mereka.

Kepala daerah terpilih yang dilantik, Bupati/Wakil Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan Timbul Prihanjoko, Bupati/Wakil Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron dan Mohni, Bupati/Wakil Bupati Bojonegoro Anna Mu’awannah dan Budi Irawanto, serta Bupati/Wakil Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat dan Marhaen Djumadi.
Kemudian, Bupati/Wakil Bupati Pamekasan Baddrut Tamam dan Raja’e, Bupati/Wakil Bupati Pasuruan M. Irsyad Yusuf dan KH A Mujib Imron, Bupati/Wakil Bupati Magetan Suprawoto dan Nanik Endang Rusminiarti, serta Bupati/Wakil Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro dan Hari Wuryanto.
Selain itu, Bupati/Wakil Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan Indah Amperawati, Bupati/Wakil Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin dan Irwan Bachtiar Rachmat, Bupati/Wakil Bupati Jombang Mudjidah Wahab dan Sumrambah, serta Wali Kota/Wakil Wali Kota Malang Sutiaji dan Sofyan Edi Jarwoko.
Tepat pukul 09.00 WIB, Gubernur Jatim yang didampingi istrinya memasuki ruang pelantikan dan disambut Ketua DPRD Jatim Abdul Halim Iskandar beserta sejumlah undangan.
Setelah menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”, 12 pasangan kepala daerah yang terpilih pada Pilkada 27 Juni 2018 tersebut mengambil tempat yang disediakan untuk selanjutnya mengucapkan sumpah jabatan yang dipimpin Gubernur.
Kemudian, seluruh kepala daerah menandatanganani berita acara pengangkatan sumpah jabatan dan pakta integritas, dilanjutkan pemasangan tanda pangkat dan tanda jabatan sembari iringan lagu “Padamu Negeri”, sekaligus penyerahan lampiran surat keputusan.
Sementara itu, proses pelantikan diawali dengan memberikan penghormatan oleh pasukan kehormatan mulai dari pintu gerbang hingga pintu masuk Grahadi ke pasangan kepala daerah beserta istri dan suami yang melintasi karpet merah.
Usai pelantikan yang diikuti sambutan Gubernur, dilanjutkan pelantikan dan serah terima jabatan 12 ketua TP PKK serta Dekranasda periode 2018-2023 oleh Ketua TP PKK dan Ketua Dekranasda Jatim.
Gubernur Jatim H. Soekarwo menyampaikan beberapa pesan untuk para kepala daerah yang dilantik. “Untuk kepala daerah yang baru saja dilantik. Saya pesan semoga bisa amanah, semoga akan dapat membawa kemajuan yang lebih baik dari kabupaten atau kota yang dipimpin,” ujar pria akrab disapa Pakde Karwo di sela pelantikan.
Pihaknya mengharap kepala daerah melangkah bersama untuk membangun Jatim. “Segera realisasi segala janji dan rencana saat kampanye, yang dituangkan dalam RPJMD 3 bulan setelah pelantikan,” pesannya.
Selain itu, Pakde Karwo juga berpesan dalam membuat program nanti, harus berpedoman dan seiring dengan visi misi Presiden RI dan Gubernur Jatim. Dia juga meminta setiap kepala daerah bisa bekerja sama dengan DPRD sebagai wakil rakyat di pemerintahan agar terjadi sinergi antar programnya.
“Saya minta kepala daerah terus meningkatkan upaya hubungan kerja yang sangat baik dengan DPRD dan mitra kerja. Saya ingin mengingatkan dalam rangka meningkatkan pembangunan, kepala daerah harus berpedoman dengan visi misi Presiden dan Gubernur,” imbuh Pakde Karwo. (ins)

Berikut nama 12 kepala daerah yang dilantik:
1. Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari – Timbul Prihanjoko
2. Bupati Bangkalan Abd Latif Amin Imron – Mohni
3. Bupati Bojonegoro Anna Muawanah – Budi Irawanto
4. Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat – Marhaen Djumadi
5. Bupati Pamekasan Badrut Tamam – Raja’e
6. Bupati Pasuruan M Irsyad Yusuf – Mujib Imron
7. Bupati Magetan Suprawoto – Nanik Endang Rusminiarti
8. Bupati Madiun Ahmad Dawami – Hari Wuryanto
9. Bupati Lumajang Thoriqul Haq – Indah Amperawati Masdar
10. Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin – Irwan Bachtiar Rahmat
11. Bupati Jombang Mundjidah Wahab – Sumrambah
12. Walikota Malang Sutiaji – Sofyan Edi Jarwoko