Putra-Putri Batik Pamekasan Diharap Kembali Raih Prestasi Nasional

GN/Istimewa
Rizal Rifkiyanto dan Anggieta S Noeraliza terpilih sebagai Putra dan Putri Batik Pamekasan 2018.

PAMEKASAN (global-news.co.id)-Grand Final Pemilihan Kacong-Cebbhing  (Kaceb) dan Putra Putri Batik Pamekasan tahun 2018 selesai digelar Jumat-Sabtu (10-11/8/18) lalu di Hotel Cahaya Berlian Pamekasan. Grand Final pemilihan duta wisata dan duta batik kota Gerbang Salam itu berlangsung meriah dan dibanjiri oleh banyak penonton.

Muhammad Adam Afriyanto, siswa SMAN 1 Pamekasan terpilih sebagai Kacong Pamekasan 2018 dan Tifani Hasyana Putri, juga SMAN 1 Pamekasan terpilih menjadi Cebbhing Pamekasan 2018. Sementara Putera Batik diraih oleh Rizal Rifkiyanto dari SMAN 3 Pamekasan dan Putri Batik diraih oleh Anggieta Salsabila Noeraliza dari SMAN 1 Pamekasan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pamekasan Achmad Syaifuddin, didampingi Kabid Pariwisata Khalifaturrahman menjelaskan dalam pemilihan ini dari masing masing katagori lomba panitia memilih enam orang, yakni juara satu hingga juara tiga dan ditambah dengan juara atau peserta bertalenta, busana terbaik dan juara persahabatan.

“Pemilihan Kacong-Cebbhing dan Putra Putri Batik Pamekasan  tahun ini diikuti oleh 134 peserta, dari pelajar dan mahasiswa. Tahap audisi digelar pada Minggu 5 Agustus 2018 lalu di Pendopo Wakil Bupati Pamekasan. Dalam audisi tersebut dipilih 10 pasang untuk Putra Putri batik dan 10 pasangan untuk Kacong Cebbhing. Mereka itulah yang jadi peserta dan kita pilih lagi dalam grand final ini,“ katanya.

Sebelum dinilai di Grand Final, kata Khalifaturrahman, para peserta yang berhasil masuk dalam babak audisi diberi pembekalan selama 2 hari mulai 8 hingga 9 Agustus lalu. Materi pembekalan yang diberikan antara lain soal sikap dan kepribadian, wasasan budaya dan wisata. Pengembangan talenta dan etika, pengetehuan tentang busana dan Batik Madura, kewirausahaan dan keterampilan komunikasi.

Kacong-Cebbhing Pamekasan tahun 2018 terpilih, nanti akan mengikuti pemilihan Raka Raki Jawa Timur. Sedangkan Putra Putri Batik akan mengikuti seleksi hingga tingkat  nasional. Kacong-Cebbhing dan Putra-Putri Batik  Pamekasan pernah berhasil meraih juara baik tingkat propinsi  maupun tingkat nasional.

Kacong Cebbhing Pamekasan berhasil menjadi juara 1 dalam pemilihan Raka Raki Jatim tahun 2016 lalu. Pada tahun yang sama juga untuk pemilihan Putra Putri Batik, duta atau wakil dari Pamekasan berhasil meraih juara 3 tingkat nasional.

”Kita tentunya berharap pada tahun 2018 ini, kita kembali  mengukir prestasi atau meraih juara yang pernah menjadi kebanggaan kita tahun lalu, baik untuk pemilihan Raka Raki Jawa Timur maupun juga untuk pemilihan Putra Putri Batik ditingkat nasional nanti,” harapnya. (mas)