Pemilihan Kacong-Cebbhing dan Putra-Putri Batik Pamekasan 2018 Mulai Digelar

GN/Masdawi Dahlan
Suasana audisi pemilihan Kacong Cebbing dan Putra Putri Batik Pamekasan.

PAMEKASAN (global-news.co.id)-Pemkab Pamekasan kembali  menggelar pemilihan Kacong-Cebbhing dan Putra-Putri Batik Pamekasan tahun 2018. Gelar budaya tahunan ini dilakukan dalam rangka memilih duta wisata dan duta batik Pamekasan yang akan dikirim dalam pemilihan tingkat provinsi dan nasional.

Jumlah pendatar untuk dua katagori pemilihan itu mencapai 134 orang. Tahap audisi digelar pada Minggu 5 Agustus 2018 kemarin di pendopo wakil bupati Pamekasan. Dalam audisi tersebut dipilih 10 pasang untuk Putra Putri batik dan 10 pasangan untuk Kacong Cebbhing.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pamekasan Achmad Syaifuddin mengatakan para peserta yang berhasil masuk dalam babak audisi nanti akan diberi pembekalan selama 2 hari mulai tanggal 8 hingga 9 Agustus mendatang.

Materi yang akan dibekalkan pada mereka antara lain soal sikap dan kepribadian, wasasan budaya dan wisata,   pengembangan talenta diri dan etika, pengetahuan tentang busana dan batik Madura, kewirausahaan dan keterampilan komunikasi dan termasuk di dalamnya penguasaan terhadap bahasa asing.

Para peserta yang sudah mengikuti pembekalan itulah yang akan mengikuti grand final. Grand final untuk pemilihan Putra Putri Batik akan digelar tanggal 10 Agustus dan untuk pemilihan Kacong Cebbhing akan dilaksanakan tanggal 11 Agustus di Hotel Cahaya Berlian di Jalan Raya Panglegur Pamekasan.

“Dalam grand final nanti kita pilih juara 1 hingga juara tiga untuk Putra Putri batik dan juara 1 hingga 3 juga untuk Kacong Cebbhing. Lalu kita juga akan memilih juara bertalenta masing masing  1 orang, peserta berbusana terbaik juga masing masing 1 orang dan juara persahabatan juga masing masing 1 orang,” Achmad Syaifuddin.

Dia menegaskan sebagai kegiatan budaya yang besifat hierarkis, selama ini para duta asal Pamekasan untuk pemilihan Kacong Cebing dan Putra Putri Batik  itu pernah berhasil meraih juara baik tingkat propinsi  maupun tingkat nasional.

Kacong Cebbhing Pamekasan berhasil menjadi juara 1 dalam pemilihan Raka Raki Jatim tahun 2016 lalu. Sedangkan untuk pemilihan Putra Putri Batik dilakukan pemilihan hingga tingkat nasional, dan duta Pamekasan berhasil meraih juara 3 tingkat nasional pada tahun 2016 lalu.

”Kita tentunya berharap pada tahun 2018 ini, kita kembali  mengukir prestasi atau meraih juara yang pernah menjadi kebanggaan kita tahun lalu, baik untuk pemilihan Raka Raki Jawa Timur maupun juga untuk pemilihan Putra Putri Batik di tingkat nasional nanti,” harap Achmad. (mas/*)