Karnaval RW 08 Perum Wisma Permai, Mukhori: Kita Harus Hargai Jasa Pahlawan

Ketua RW 08 Mukhori mengibarkan bendera start, pertanda karnaval dimulai.

SIDOARJO (GLOBAL-NEWS.CO.ID) – Acara puncak kegiatan memperingati HUT RI Ke-73 di Perumahan Wisma Permai, Pepelegi, Waru, Sidoarjo ditutup dengan karnaval, Minggu (19/8/2018) sore. Sebanyak 10 RT yang ada di lingkungan RW 08, Kelurahan Pepelegi turut berpartisipasi dalam acara tersebut. Ketua RW 08, Mukhori yang didamping istri mengibarkan bendera start, pertanda acara tersebut dimulai.

Sementara warga menyambut gembira pawai yang melewati sejumlah gang yang ada di perumahan tersebut. Seperti karnaval tahun-tahun sebelumnya, kali ini masing-masing RT “beradu” menampilkan yang terbaik bagi RT-nya. Dari ibu-ibu yang berdandan ala India, mobil jeep dengan penumpang pejuang hingga tema-tema umum lain.

Endro Sucipto, Ketua RT 02, RW 08 mengatakan, karnaval merupakan acara yang dinanti warga. Mengapa? Karena dalam karnaval masing-masing RT melibatkan diri, sehingga dapat dikata, inilah acara warga dan untuk warga. RT 02 sendiri menampilkan tema umum, yakni menampilkan berbagai profesi yang ada. Tak lupa anak-anak kecil dengan sepeda hiasnya menjadi ujung tombak RT tersebut.

Sementara itu, Ketua RW 08, Mukhori dalam sambutannya mengatakan, karnaval merupakan acara puncak dalam memperingati HUT RI Ke-73. “Kita harus selalu mengingat bahwasannya kemerdekaan kita ini, karena para pejuang berjuang dengan gigih untuk memerdekakan Republik Indonesia. Karena itulah, kita, khususnya generasi muda harus menghargai jasa para pahlawan. Dengan apa? Yakni dengan mengisi kemerdekaan itu sendiri,” kata Mukhori didampingi istri yang juga Ketua PKK RW 08.

Mengapa kita harus menghargai jasa Pahlawan? Karena pahlawan atau mereka yang sudah berjuang untuk kemerdekaan Indonesia juga rela mengorbankan nyawanya untuk membela tanah air Indonesia. Sebelum merdeka, kata Mukhori, rakyat Indonesia telah sengsara karena ulah para penjajah. Mereka dijadikan budak, harus membayar upeti berupa beras dan kebutuhan pokok lainnya. Dengan gagah berani para pahlawan melawan penjajah, supaya rakyat bisa hidup damai, tentram dan dapat menikmati hasil alam Indonesia.

Menurut Mukhori, kita semua pasti telah mengetahui cerita sejarah tentang hari kemerdekaan Indonesia? Mereka para pahlawan harus berjuang keras untuk memperebutkan kemerdekaan Indonesia. Pejuang harus merebut Indonesia dari tangan penjajah. Semua itu mereka lakukan hanya untuk kemerdekaan Indonesia. Itulah beberapa alasan mengapa kita perlu menghargai jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia untuk kita semua.

“Dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim, acara karnaval ini kami buka secara resmi,” kata Mukhori sambil mengibarkan bendera start, pertanda acara karnaval dimulai. (Erfandi Putra)