Beri Bantuan Veteran Pejuang Fattah Jasin Ingat Kakek

Fattah Jasin beri Tali Asih Pada Veteran Pejuang.

PAMEKASAN (GLOBAL-NEWS.CO.ID) – Pj. Bupati Pamekasan Dr Ir Fattah Jasin MS, menyerahkan tali asih kepada 85 orang veteran pejuang dan janda veteran pejuang di Pamekasan. Tali asih diserahkan usai upacara memperingati Detik Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, di lapangan depan Pendopo Ronggosukowati Pamekasan, Jumat (17/8/18).

Selain menyerahkam tali asih Fattah Jasin juga menyerahkan remisi kepada perwakilan ratusan narapidana binaan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Pamekasan. Dari ratusan napi penerima remisi atau pengurangan masa hukuman itu 15 orang di antaranya langsung menghirup udara bebas.

Kepada para Napi penerima remisi Fattah Jasin mengucapkan selamat khususnya bagi mereka yang langsung bebas karena langsung bisa menghirup udara segar bertemu keluarganya. Kepada napi yang mesih belum bebas, Fattah Jasin yang asli kelahiran Sumenep ini meminta untuk bersabar menjalani sisa hukumannya hingga nanti bener benar tiba masa kebebasannya.

“Sampeyan dari mana ? Udah bisa bebas ya ? Bersyukurlah kepada Allah,” katanya pada seorang napi yang langsung bisa bebas. Lalu dia juga bertanya kepada salah seorang Napi yang mengaku dari Jember. “Sampeyan asli mana ? apa sudah bisa bebas ? “ tanyanya. Lalu dijawab oleh sang Napi bahwa dirinya berasal dari Jember dan masih belum bebas. Kepadanya Jasin meminta untuk bersabar.

Jasin menilai para napi itu adalah manusia sama seperti manusia pada umumnya. Hanya saja kebetulan ditakdirkan menghadapi ujian sehingga mereka terjerembab pada kasus hukum. Mereka juga ingin baik sama seperti manusia pada umumnya. Karena itu dia berharap masyarakat untuk bisa menerima mereka dengan baik sebagaimana warga masyarakat pada umumnya.

Sementara kepada para veteran pejuang dan janda veteran pejuang Fattah Jasin mengucapkan terima kasih atas jasa dan perjuangannya. Bahkan dia sempat bercanda dengan salah sorang veteran pejuang yang bernama Moh. Toha, ketika menyerahkan bingkisan tali asih kepadanya.

“Bapak namanya Moh. Taha. Masih ingat di sini di Pamekasan dulu ada Bupati namanya Moh. Taha. Masih ingat Bapak ya?” tanya Jasin. Sang veteran pejuang itu mengaku dan mengenal nama mantan Bupati Pamekasan itu. Moh. Toha adalah mantan Bupati Pamekasan yang kebetulan masih keluarga atau kakek buyut Fattah Jasin.

Sebagaimana biasa upacara peringatan detik detik proklamasi kemerdekaan RI berlangsung meriah. Upacara itu juga dihadiri jajaran anggota Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Pamekasan, seluruh pimpinan DPRD Pamekasan, seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para camat dan Forkopimca se Pamekasan.

Dalam rangkaian perayaan memperingati HUT Kemedekaan RI ke- 73 tahun ini banyak kegiatan yang bersifat bhakti sosial, aneka macam lomba, yang digelar oleh Pemkab Pamekasan. Di antara kegiatan bhakti sosial yang menarik adalah donor darah bagi semua karyawan dilingkungan Pemkab Pamekasan yang juga diikuti personil jajaran samping. (mas)