Arek Suroboyo Mantan Anggota Komnas HAM Nyaleg Dapil I dari Gerindra

JAKARTA (GLOBAL-NEWS.CO.ID) – Mantan Komisioner Komnas HAM yang juga mantan wartawan menjajal peruntungan di dunia politik. Siane Indriani, mantan anggota Komnas HAM periode 2012-2017, maju sebagai calon legislatif dari Partai Gerindra Dapil Jatim I nomor urut 3 wilayah Surabaya dan Sidoarjo.

Selama di Komnas HAM, Siane Indriani dikenal vokal mengkritik berbagai kasus-kasus pelanggaran HAM antara lain penggusuran, penganiayaan dan kriminalisasi yang seringkali menimpa masyarakat. Termasuk penggusuran yang terjadi waduk Pluit di era Jokowi dan Ahok saat menjadi pemimpin DKI, reklamasi Teluk Jakarta dan Teluk Benoa Bali. Terakhir Siane juga menangani kasus kriminalisasi yang menimpa para ulama dan aktivis dalam gerakan 212.

Siane Indriani adalah Arek Suroboyo yang mengawali karier sebagai wartawan Surabaya Post, kemudian Harian Surya, RCTI, Direktur Pemberitaan Global TV, dan terakhir menjadi Komisioner Komnas HAM. Menurut Siane, terjun ke dunia politik adalah langkah berikutnya dalam rangka meneruskan pengabdiannya kepada masyarakat yang selama ini sudah dijalaninya sebagai wartawan dan anggota Komnas HAM RI.

Partai Gerindra menjadi pilihannya tak lepas dari pengaruh KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Siane dikenal dekat dengan Presiden RI ke-4 sejak menjabat sebagai Ketua Umum PBNU, hingga saat-saat akhir menjelang Gus Dur meninggal dunia. Gaya perjuangan dan pengabdiannya kepada masyarakat tak lepas dari pengaruh Gus Dur. Dia sangat mengagumi cucu pendiri NU KH Hasyim Asy’ari tersebut. (fan)

Tag: