Uruguay vs Prancis, Perempat Final Terasa Final

GN/Istimewa
Luis Suarez berharap mampu mengulang sukses Uruguay tembus babak semifinal seperti Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

NIZHNY NOVGOROD (global-news.co.id)-Piala Dunia mulai memasuki babak perempat final, Jumat (6/7/2018). Duel pertama mempertemukan antara Uruguay dan Perancis di Nizhny Novgorod Stadium. Bagi penggawa La Celeste, julukan timnas Uruguay, pertemuan ini sudah ibarat final.

Uruguay sangat berambisi memenangi laga tersebut demi menembus semifinal, seperti yang dilakukan pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Uruguay melewati prestasi mereka pada Piala Dunia 2014 setelah mereka berhasil memenangkan laga melawan Portugal pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 yang dihelat di Olimpiade Fisht Sochi, Minggu (1/7/2018). Skor 2-1 untuk kemenangan La Celeste mengantarkan mereka lolos ke babak 8 besar dan menantang tim favorit Perancis.

Karena itu sejak Senin, (2/7/2018), Tim asuhan Oscar Tabarez tetap berlatih. Meski dalam sesi latihan tersebut, para pemain yang bertanding melawan Portugal diistirahatkan, sementara pemain lainnya turun ke lapangan untuk mengikuti latihan.

Uruguay mempersiapkan skuatnya untuk laga penting perempat-final melawan Perancis lebih awal. Ingatan tentang Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan begitu menggebu dalam benak pemain. Saat itu mereka berhasil menembus babak semifinal. Namun laju mereka terhenti setelah bungkam Belanda 2-3.

Dalam konferensi pers di Sport Center Borsky, dua penggawa Uruguay, Nahitan Nández dan Rodrigo Bentancur mengomentari pertandingan melawan Perancis di babak 8 besar. “Pertandingan ini adalah final, dan kami ingin memenangkannya,” sebut Nandez, gelandang berusia 22 tahun dikutip FIFA. “Jika masing-masing di antara kita tahu apa yang harus dilakukan, kita bisa mendapatkan hasil yang baik,” tambah Bentancur.

Dalam sejarah pertemuan kedua tim di Piala Dunia, Uruguay tak terkalahkan saat melawan Perancis dengan rincian menang satu kali dan seri dua kali. Mereka mengalahkan Perancis pada Piala Dunia 1966 dengan skor 2-1, sedangkan dalam Piala Dunia 2002 dan 2010, keduanya main seri 0-0.

Pada Piala Dunia 2010, Uruguay ditumbangkan Belanda di babak semifinal. Selanjutnya mereka kalah di perebutan tempat ketiga melawan Jerman dengan skor yang juga sama.(ins/faz)