Ubhara Beri ‘Bhayangkara University Award’ pada Polisi Pengabdi Masyarakat

GN/Istimewa
Tiga anggota kepolisian menerima Bhayangkara University Award 2018 dalam Dies Natalis ke-34 Ubhara Surabaya, kemarin.  

SURABAYA (global-news.co.id) Rapat Terbuka Senat Universitas Bayangkara Surabaya dalam rangka Dies Natalis ke-34 yang digelar Rabu (25/7/2018) terasa berbeda dengan gelaran serupa sebelumnya.

Peringatan kali ini ditandai dengan pemberian penghargaan Bhayangkara University Award kepada petugas kepolisian yang menjadi garda terdepan dalam memberi pelayanan kepada masyarakat.

Penghargaan yang baru pertama kalinya diberikan tersebut diserahkan kepada tiga anggota kepolisian yang berdinas sebagai Babinkamtibmas di tiga daerah di wilayah kerja Polda Jatim

Mereka antara lain Bripka Jubair dari Bojonegoro, Aiptu Henry dari Madiun dan Bripka Sandal dari Sumber Pucung Malang.

Bripka Jubair dikenal sebagai salah satu anggota kepolisian yang aktif melakukan pendekatan kepada masyarakat, salah satunya dengan mendatangi sekolah demi sekolah. Jubair sendiri aktif sebagai Bhabinkamtibmas  di Desa Ngunut, Kecamatan Dander Bojonegoro. Dalam menjalankan tugasnya, pria yang pernah mendapatkan penghargaan Pengembangan Polmas Award 2017 dari Kapolri ini, menggunakan wayang sebagai medianya.

Begitu pula halnya dengan anggota kepolisian yang berdinas di Polresta Madiun, Aiptu Henry. Ia juga menggunakan media wayang dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat sekitar. Wayang sepertinya menjadi media yang cukup efektif dalam menyampaikan infomasi kepada masyarakat sepertikota Madiun yang masih sangat kental dengan budaya Jawa.

Lain halnya dengan yang dilakukan Bripka Sanda. Anggota kepolisian Polres Malang ini memiliki kepedulian terhadap anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus. Ia tidak segan untuk membantu dan mendampingi mereka yang memiliki keterbatasan, sehingga mereka dapat terus memiliki semangat yang tinggi dalam menjalankan aktivitasnya dan meraih cita-citanya.

“Mereka bertiga telah membuktikan pada kita semua bahwa lingkungan dan masyarakat sangat penting untuk diperhatikan. Mereka telah menunjukkan memerangi kejahatan bukan selalu harus dengan kekerasan, tetapi juga pendekatan sosial, dengan senyum, dengan ketulusan dan dengan kepedulian yang tinggi,” kata Ismail, koordinator penganugerahan Bhayangkara University Award, Kamis (26/7). “Kami dari Universitas Bhayangkara Surabaya merasa ingin ikut berpartisipasi dalam mendukung dan menggelorakan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh saudara kita yang sangat luar biasa,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, penghargaan diberikan langsung oleh Wakapolda Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo yang mewakili Kapolda Jatim Irjen Pol Mahfud Arifin.

Hadir dalam penghargaan tersebut Ketua Pembina Yayasan Brata Bhakti Brigjen Pol (Purn) Sugiono, mantan rektor Brigjen Pol Purn DR. Supriadi SA, mantan rektor Brigjen Pol DR Suharto, Ketua Pengurus Yayasan Brata Bhakti Kombes Pol Purn Puji Astutik, pejabat utama Polda Jatim, Rektor Ubhara Brigjen Pol Purn drs Edy Prawoto SH M.Hum, Pembantu Rektor I, II dan III,

para dekan fakultas, Kepala SMU, mahasiswa dari Taiwan, Malaysia, Thailand,  Pembantu Rektor 1 Universitas Mangkang Buana Bandung,  dosen dan staf, mahasiswa Ubhara.(ins/faz)