Global-News.co.id
Indeks Madura

Tiga Pesan Fattah Jasin Bagi Jamaah Calon Haji Asal Pamekasan


GN/Masdawi
Fattah Jasin memakaikan baju batik seragam jamaah haji bagi perwakilan JCH.

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Sebanyak 885 jamaah calon haji (JCH) asal Pamekasan, Senin (9/7/18) kemarin dilepas oleh Penjabat (Pj) Bupati Pamekasan Dr Ir RB Fattah Jasin MS, di Masjid Agung Asy-Syuhadak Pamekasan. Pelepasan ditandai dengan penyematan baju batik seragam haji bagi dua orang perwakilan JCH.
JCH asal Pamekasan tergabung pada kelompok terbang (kloter) 12 dan 13 Embarkasi Juanda Surabaya. Mereka akan berangkat menuju Tanah Suci tanggal 20 Juli 2018. Acara pelepasan ini juga dihadiri anggota Forkopimda dan para alim ulama di Pamekasan.
Fattah Jasin dalam pengarahannya menyampaikan bahwa haji adalah ibadah yang membutuhkan stamina fisik yang bagus. Karena itu, dia menyarankan agar semua JCH harus pandai-pandai menjaga kesehatannya. Fattah Jasin juga menyarankan agar menjalankan ibadah dengan terukur dan sesuai dengan kemampuan fisiknya.
Dia mengatakan, ada tiga hal penting yang harus diperhatikan oleh JCH agar pelaksanaan hajinya bisa sempurna dan makbul. Yang pertama adalah menjaga sikap ikhlas. Ikhlas artinya adalah menjalankan semua prosesi ibadah haji semata mata karena mengharap ridla Allah SWT. “Ikhlas itu sebenarnya sudah dimulai sejak proses awal, pada saat pelepasan ini hingga nanti pada prosesi semua peribadatan harus dijaga keikhlasannya itu. Sehingga nanti hati menjadi tenang dan Insya Allah fisik juga akan kuat. Ikuti semua aturan dan ilmu yang ada di mansik haji. Insya Allah semua berjalan lancar,” katanya.
Yang kedua yang harus dijaga sifat tawakkal kepada Allah SWT. Tawakkal menyerahkan sepenuhnya kepada Allah SWT atas peribadatan yang dilakukannya, setelah berusaha semaksimal mungkin. Dengan bertawakkal tentunya berharap agar semua prosesi ibadah hajinya aman dan lancar dan diterima oleh Allah SWT.
Dan yang terakhir harus sabar. Sabar dalam menjalani semua prosesi napak tilas ibadah haji. Sabar juga dalam menghadapi beberapa rintangan dan gangguan. “Nah dengan ikhlas, tawakkal dan sabar itu jika dilakukan Insya Allah kita akan menemukan ketenangan dan kekhususan dalam ibadah haji ini,” katanya.
Terkait dengan kondisi daerah Pamekasan, Jasin juga meminta agar JCH Pamekasan mendoakan di Tanah Suci, agar Pamekasan selalu mendapat lindungan dan rahmat Allah, sehingga pelaksanaan pembangunan di Pamekasan bisa berjalan baik dan bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat Pamekasan.
“Kami khususnya pemerintah daerah mengucapkan selamat jalan menjadi tamu Allah SWT dan selamat menunaikan ibadah haji, dan kami berdoa semoga para jamaah haji ini bisa menjalankan prosesi ibadah dengan baik dan pulang kembali ke kampung halamannya dengan selamat mendapat predikat haji mabrur,” pungkasnya. (mas/*)

baca juga :

Gubernur Khofifah Tinjau Longsor Nganjuk, Serahkan Bantuan dan Santunan

Titis Global News

Kembali Sidak GBT, Risma Minta Percepatan Pengerjaan

Redaksi Global News

Tingkat Okupansi Rumah Sakit di Jawa Timur Cukup Aman, Khofifah Imbau Tetap Waspada

Redaksi Global News