Tampilkan Smart Pot hingga Aplikasi Bantu Tuna Rungu

GN/Istimewa
Suasana pameran hasil karya mahasiswa Program Kreativitas Mahasiswa yang digelar di Hall Pasca Sarjana PENS, Jumat (20/7/2018).

SURABAYA (global-news.co.id)-Sebanyak 83 hasil karya mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) ditampilkan melalui ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang digelar mulai Rabu (19/7) hingga Jumat (20/7).

Dari 83 hasil karya mahasiswa yang dipamerkan melalui monitoring dan evaluasi (monev) eksternal di Hall Gedung Pascasarjana PENS selama dua hari, ada beberapa karya yang cukup menarik perhatian.

Di antaranya adalah Smart Pot, yang memanfaatkan tanaman air yang dapat menghasilkan elemen elemen yang memiliki kanduingan listrik sehingga bisa digunakan untuk mengisi daya baterai telepon genggam.

Ada juga ARTUR, Aplikasi Pembelajaran Untuk Penyandang Tunarungu dengan memanfaatkan teknologi augmented reality.

Anang Budikarso, Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan, mengatakan, 83 karya mahasiswa yang dipamerkan merupakan saringan dari total 425 proposal yang diunggah mahasiswa PENS pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Sekitar 83 judul berhasil lolos verifikasi dan didanai pengerjaannya. Dan, sebagai tindak lanjut dari pendanaan tersebut, digelar Monitoring dan Evaluasi (Monev) Eksternal.

Dalam monev tersebut hadir peninjau dari beberapa universitas terkemuka yakni Ir. Edi Suryanto, M.Sc., Ph.D. dari Universitas Gadjah Mada, Brian Yulianto, S.T., M.Eng., Ph.D. dari Institut Teknologi Bandung, Cokorda Javandira, S.P., M.P. dari Universitas Mahasarawasti Desnpasar, dan Dr. Ir. Budi Hariono, M.Si dari Politeknik Negeri Jember.

“PKM termasuk salah satu program yang sangat kami perhatikan. Sebelum monev eksternal kami pun mempersiapkan mahasiswa dengan menyelenggarakan dua kali monev internal,” ungkap Anang Budikarso.

PKM sendiri merupakan salah satu rangkaian acara yang digelar dalam rangka persiapan menuju ajang Pekan Ilmiah Nasional yang mempertemukan hasil karya inovatif para mahasiswa dari seluruh Indonesia.(faz/ins)