Mulai Tahun Ini, Dishub Pamekasan Terapkan Program SIM PKB

Petugas Dishub Pamekasan saat menguji kelayakan kendaraan. (GN/Masdawi Dahlan)

PAMEKASAN (global-news-co.id)-Mulai tahun 2018 ini Dinas Perhubungan Pamekasan telah memberlakukan sistem komputerisasi dalam pengujiajn kendaraan bermotor yang dikenal dengan nama program Sistem Informasi Manajamen Pengujian Kendaraan Bermotor (SIM PKB). Program ini merupakan inovasi dari pelayanan sebelumnya yang masih bersifat manual.

Kepala Dinas Perhubungan Pamekasan Ajib Abdullah mendampingi Pj Bupati Dr Ir RB Fattah Jasin mengatakan program SIM PKB ini dilakukan untuk mengejar kekurangan pelayanan pengujian kendaraan bermotor selama ini. Selama ini, kata Ajib, pengujian kendaraan bermotor di Dishub Pamekasan masih belum terakreditasi karena masih bersifat manual.

“Program ini intinya kami lakukan untuk kepentingan maksimalitas dan efektifitas pelayanan pengujian kendaraan bermotor. Selain itu juga untuk kepentingan akreditasi dalam pelayanan uji kendaraan bermotor. Karena pensyaratan untuk dapat akreditasi dalam pengujian kendaraan bermotor sudah harus menerapkan SIM PKB ini,” jelasnya.

Dengan program SIM PKB ini, lanjut Ajib, maka semua pendaftaran dan proses teknis adaministrasi dan pelaporan dalam pengujian kendaraan bermotor di Pamekasan telah terkomputerisasi sehingga bukan hanya memudahkan mempercepat dan menyenangkan bagi pemilik kendaraan, akan tetapi juga mempermudah pelaporan bagi Dishub yang harus diberikan kepada pihak pihak terkait di propinsi maupun pusat.

Manfaat yang sangat terasa dengan komputerisasi ini, di antaranya penyelesaian administrasi dalam pengujian kendaraan bisa diselesaikan dalam waku yang hanya 1 jam. Dengan sangat singkatnya waktu penyelesaian itu akan bisa menghemat waktu, khususnya bagi pemilik kendaraan yang bisa memanfaatkan kendaraannya untuk kepentingan operasional lain.

“Kalau jumlah kendaraan tetap, kan sudah ada jumlahnya. Mereka tiap 6 bulan atau satu tahun 2 kali uji kendaraan. Nah, yang pasti dengan SIM PKB ini prosesnya akan bisa berjalan dengan mudah, cepat, akurat, aman, lancar dan menyenangkan. Dan itu sangat terasa bagi para sopir atau pemilik kendaraan yang datang membawa kendaraaan diuji ke sini,” ungkap Ajib.

Keuntungan selanjutnya, tambah Ajib, adalah pada saat akan melakuan pengujian lagi, maka juga akan lebih cepat, mudah dan lancar lagi. Karena data kendaraan dalam banyak aspeknya telah tersimpan dalam komputerisasi lengkap. Tinggal peninjauan secara fisik saja, sehingga sangat memudahkan dan menyenangkan bagi pemilik kendaraan.

Dalam menjalankan program SIM PKB ini, Dishub Pamekasan kini terus melakukan peningkatakan profesionalitas para petugas pengujian. Karena itu Dishub mengirim para petugas penguji kendaraan mengikuti pendidikan dan latihan (diklat) peningkatan kualitas diatarnya Diklat di Bali dan Tegal Jawa Tengah. (mas)