Global-News.co.id
Nasional Utama

Gempa 6,4 SR di NTB, 14 Tewas Ratusan Warga Luka

DETIK.COM
RUMAH warga rusak parah akibat gempa di NTB Minggu 29 Juli 2018.

MATARAM (GLOBAL-NEWS.CO.ID) – Gempa bumi dahsyat melanda Nusa Tenggara Barat (NTB). Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mendata dampak gempa 6,4 SR di NTB, kata Kepala Pusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, 14 warga meninggal dunia dan seribuan rumah rusak.

“Luka-luka ratusan, luka berat dan luka ringan, dan ribuan rumah mengalami kerusakan ini belum semua data masuk belum bisa dilaporkan karena kendala komunikasi pendataan masih dilakukan,” kata Sutopo saat ditemui di kediamannya, Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (29/7/2018).

Di Kabupaten Lombok Timur jumlah rumah rusak sampai saat ini terdata lebih dari 1.000. Sementara di Lombok Utara ada ratusan rumah rusak.

“Kenapa kerusakannya besar? Karena pusatnya ada di daratan. Pusat gempanya berdekatan dengan daerah itu kan memberikan dampak yang merusak kepada daerah-daerah sekitarnya, khususnya rumah dan bangunan yang konstruksinya tidak tahan gempa,” tutur Sutopo.

Berdasarkan informasi terakhir, jumlah korban jiwa sebanyak 14 orang. Sebanyak 10 orang berada di Kabupaten Lombok Timur dan 4 lainnya di Lombok Utara.

“Di Lombok Timur ada Desa Obel-obel di Kecamatan Sabalia. Dilaporkan dari aparat setempat, ada beberapa kerusakan yaitu ribuan rumah rusak tapi belum dapat melaporkan, tentu dalam hal ini kita akan menyebar aparat yang lain juga menyebar untuk menjangkau beberapa desa yang lain di Lombok Timur,” kata Sutopo. (det/wis)

baca juga :

Demi Kondusifitas Surabaya, Risma Minta Warga Tidak Mudah Terpengaruh Hoaks

Redaksi Global News

Personel Gabungan Gerebek Balap Liar di Bypass Balongbendo

Redaksi Global News

UMP Jatim 2022 Ditetapkan Rp1.891.567, Serikat Pekerja Prihatin

Redaksi Global News