Ditetapkan Jadi Pemenang, ‘’Berbaur’’ Akan Gandeng ‘’Kholifah’’ Bangun Pamekasan

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan menetapkan pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Badrut Tamam-Raja’ie (Berbaur) sebagai pemenang dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pamekasan. Penetapan dilakukan setelah rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada Pamekasan yang digelar di Hotel Kemuning, Kamis (5/7/18).

‘’Berbaur’’ yang dalam Pilkada Pamekasan bernomor urut 1 itu dinyatakan menang dengan memperoleh sebanyak 257.738 suara atau 52,9 persen. Sementara pasangan Cabup Cawabup nomor urut 2 Kholilurrahman-Fathorrahman ( Kholifah) memperoleh sebanyak 228.596 suara atau 47,03 persen. Selisih antara kedua pasangan sebanyak 29.142 suara atau sekitar 5,9 persen.

Rekapitulasi berjalan aman dan lancar. Dimulai sekitar pukul 10.30 WIB dan dan selesai sekitar 13.30 WIB. Setelah selesai rekapitulasi hasil penghitungan Pilkada Pamekasan dilanjutkan dengan rekapitulasi hasil Pemilihan Gubernur Jatim untuk tingkat kabupaten Pamekasan. Hasilnya pasangan Khofifah-Emil menang dengan angka yang telak, yakni memperoleh 343.494 suara sedangkan pasangan Syaifullah Yusuf-Puti Soekarno mendapat 136.854 suara.

Juru bicara pasangan Berbaur Khairul Umam mengungkapkan bahwa kemenangan Berbaur ini merupakan kemenangan bersama seluruh rakyat Pamekasan. Atas nama pasangan Berbaur bersama elemen pendukungnya dia menyampaikan terima kasih pada masyarakat Pamekasan yang telah memberikan kepercayaan pada Berbaur.

“Terima kasih juga kami sampaikan pada penyelenggara dan aparat keamanan dan elemen terkait lainnya yang telah menjalankan dan mengawal Pilkada Pamekasan ini dengan sejuk aman lancar damai dan sukses. Ini kesuksesan luar biasa yang harus dirawat menjadi bagian dari kultur politik masyarakat Pamekasan yang demokratis dan sangat dewasa,” kata Umam.

“Selain itu juga kami tegaskan bahwa ini bukan kemenangan Berbaur saja namun juga kemenangan bersama rakyat Pamekasan. Sungguh luar bisa masyarakat Pamekasan telah berpartisipasi dalam Pilkada dengan penuh santun etis, sehingga pelaksanaannya berjalan sangat demokratis, sejuk aman damai lancar dan sukses,” imbuhnya.

Umam mengakaui kekuatan pihak pasangan Kholifah lawan politik Berbaur juga besar, karena itu mereka tetap akan menjadi bagian bersama dalam membangun Pamekasan kedepan. Pihak Berbaur, kata dia, akan membangun komunikasi dengan pihak Kholifah untuk diajak bersama sama membangun dan memikirkan Pamekasan yang lebih baik.

“Lora Badrut telah komitmen untuk membangun kedekatan dan kebersamaan dengan pihak Kholifah dan elemen masyarakat lainnya. Dia akan meminta masukan dan saran untuk kebaikan Pamekasan kedepan. Beliau telah komitmen untuk membangun kolaborasi bersama antar elemen yang ada di Pamekasan ini agar bersama sama memperbaiki kondisi Pamekasan kedepan,” pungkasnya. (mas)