Asian Games 2018, Kemenkes Siagakan 28 Rumah Sakit Rujukan

SURABAYA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyiagakan 28 rumah sakit sebagai tempat rujukan para atlet dalam kegiatan Asian Games 2018.  Penyediaan rumah sakit tersebut  sebagai antisipasi penanganan cedera dalam penyelenggaraan pesta olahraga se-Asia yang akan berlangsung 18 Agustus – 2 September 2018.

Ke-28 rumah sakit yang disiagakan tersebut berada di empat provinsi penyelenggaraan Asian Games, yaitu 15 rumah sakit di DKI Jakarta, 5 di Sumatera Selatan, 7 di Jawa Barat, dan 1 di Banten. Penetapan lokasi rumah sakit ditentukan berdasarkan kriteria ketat yang ditetapkan Kementerian Kesehatan, seperti harus sudah terakreditasi, dan juga kemudahan akses dari venue pertandingan menuju rumah sakit tersebut.

Kemenkes juga menyiagakan 1.400 tenaga kesehatan yang terdiri dari 407 tujuh dokter, 813 perawat, dan 180 fisioterapis yang akan didistribusikan ke lokasi pertandingan Asian Games yang berlangsung di Jakarta dan Palembang.  Kemenkes pun telah menyiapkan 25 ambulans gawat darurat dengan kelengkapan yang bisa melakukan penanganan gawat darurat di dalam mobil.

Kesehatan atlet Asian Games menjadi prioritas baik saat pertandingan, sebelum, maupun sesudah pertandingan.  Kemungkinan atlet mengalami cedera atau kecelakaan lainnya pada saat pertandingan begitu tinggi, bahkan ketika latihan pun hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi. Selain itu, masalah kesehatan di luar pertandingan dapat juga dialami kapan saja oleh para atlet, seperti masalah kesehatan yang terjadi karena faktor cuaca.

Rumah sakit yang disiagakan Kemenkes di DKI Jakarta antara lain RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo, RSUP Persahabatan, RSUP Fatmawati, RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita, RS Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianto Saroso, RS Pusat Otak Nasional.

Selanjutnya RSPAD Gatot Subroto, RSAL Dr Mintoharjo, RS Bhayangkara Tk. I Said R Sukanto, RS Olahraga Nasional, RSUD Tarakan, RSUD Pasar Rebo, RS Pusat Pertamina, RS Mitra Kemayoran, dan RS MMC.

Untuk Provinsi Sumatera Selatan antara lain RS Hoesin Palembang, RSUD Palembang Bari, RS Charitas, RS Siti Khadijah, RS Siloam Palembang. Di Jawa Barat yaitu RS Hasan Sadikin, RSUD dr Chasbullah Abdul Madjid Kota Bekasi, RSUD Ciawi, RSUD Cibinong, RS Santosa Kopo, RS Mitra Keluarga Bekasi Barat, RS Hermina Grand Wisata Bekasi. Sementara di Provinsi Banten disiagakan di RS Umum Sitanala Tangerang.ret