Pertemuan Bersejarah Trump dan Kim Jong-Un Dimulai

Reuters
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berjabatan tangan dengan Presiden AS Donald Trump di salah satu hotel terkemuka di Pulau Sentosa, Singapura, Selasa (12/6/2018).

SINGAPURA (global-news.co.id)-Pertemuan bersejarah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un telah dimulai. Pertemuan diawali dengan jabat tangan bersejarah.

Seperti dilansir Reuters dan CNN, Selasa (12/6/2018), keduanya muncul di depan media yang telah menunggu sejak pagi. Donald Trump dan Kim Jong-Un kemudian saling berjabat tangan dan tersenyum ke arah media. Pertemuan digelar di Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura.

Keduanya berdiri bersisian selama beberapa menit, memberikan kesempatan pada media untuk mengambil gambar mereka.

Selanjutnya Trump dan Kim Jong-Un berjalan bersama ke bagian lain dari Hotel Capella. Keduanya sempat berhenti dan berbincang singkat di salah satu sudut hotel, sebelum lanjut berjalan ke salah satu ruangan di dalam hotel.

Di dalam ruangan itu, keduanya duduk berdampingan dan berbicara singkat kepada awak media. Tampak Kim Jong-Un terus tersenyum, sedangkan ekspresi wajah Trump terlihat datar.

“Sukses yang sangat besar,” sebut Trump singkat. Keduanya kembali berjabat tangan di depan media, sebelum awak media dipersilakan meninggalkan ruangan.

Dalam ruangan itu, keduanya akan menggelar pertemuan one-on-one, yang hanya didampingi penerjemah masing-masing. Pertemuan itu akan diikuti oleh pertemuan bilateral yang lebih luas pada pukul 10.00 waktu setempat. Selanjutnya, makan siang bersama akan digelar pukul 11.30 waktu setempat yang juga melibatkan delegasi kedua negara.

Pertemuan ini merupakan pertemuan pertama antara kepala negara AS dan Korut dalam sejarah. Selama ini keduanya terlibat perang kata-kata dan hinaan terkait program nuklir Korut.(cnnindonesia)