Fattah Jasin Optimistis Partisipasi Pemilih Tinggi

 

GN/Masdawi Dahlan
Pj Bupati Pamekasan Dr Ir RB Fattah Jasin saat mengunjungi salah satu TPS di kota Pamekasan, Rabu (27/6/2018)

PAMEKASAN (global-news.co.id) – Pj Bupati Pamekasan Dr Ir RB Fattah Jasin optimistis tingginya persentase partisipasi pemilih dalam pilkada di Pamekasan. Ini terlihat dari hasil pemantauan yang dilakukannya bersama Forkopimda Pamekasan, pada hari H pelaksanaan Pilkada di Pamekasan, Rabu (27/6/2018).

Fattah Jasin didampingi sejumlah pejabat terkait di Pemkab Pamekasan bersama Forkopimda Pamekasan melakukan peninjauan ke empat titik, di antaranya di TPS II Kelurahan Cungcangcang, TPS I Desa Gugul Kecamatan Tlanakan dan TPS 9 Keliruhan Lawangan Daya Kecamatan Pamekasan.

Dia yakin partisipasi di Pamekasan akan lebih dari 60 persen. Karena melihat antusiasnya masyarakat di beberapa titik TPS yang dikunjunginya. “Masyarakat makin dewasa jadi bisa mengatur waktunya sendiri. Sehingga mereka akan datang tidak langsung bersamaan biasa giliran sehingga nanti akan tetap maksimal yang datang,” katanya.

Terkait dengan kondisi keamanan dan ketertiban pelaksanaan pilkada, Jasin menyakini juga akan berjalan dengan baik dan kondusif. Dia mengaku telah melakukan turun lapangan melihat beberaap titik TPS pelaksanaan pemungutan  suara. Kondisinya akan dan sangat memungkinkan akan berjalan lancar dan damai.

“Kalau selama ini ada kabar kabar yang tidak mengenakkan bagi kita tentang situasi, maka tampaknya Insya Allah tidak seperti itu. Saya yakin tidak akan terjadi lampu merah, bahkan lampu kuningpun tidak, Insya Allah akan lampu hijau yang terjadi,” katanya.

Tentang optimisme akan berjalan aman dan lancar, Jasin menguatkan dengan hasil koordinasi dengan tim-tim lain yang juga melakukan pemantauan dan pengawasan sejak jauh jauh sebelum pelaksanaan pilkada. Hasilnya antara tim itu memiliki kesamaan, diperkirakan akan aman lancar dan kondusif.

“Kalau misalnya memang nanti ada persoalan, sesuatu yang pasti bisa menempuh jalur hukum. Bisa saja karena itu mekanismenya. Namun saya harapkan tidak karena dari hasil koordinasi dengan tim lintas lembaga, Insya Allah menunjukkan kondisi yang baik,” katanya.

Selain Pj Bupati bersama Forkpimda, pihak OPD juga diperintahkan melakukan pemantauan langsung. Para pejabat dari OPD mendapat tugas untuk melakukan pemantuan langsung terbagi di 13 kecamatan. Dengan kebijakan yang seperti ini maka diharapkan semua lokasi TPS akan terpantau. (mas/*)