Fattah Jasin Berharap Tak Ada Problem Hukum Dalam Pilkada di Pamekasan

GN
Pj Bupati Pamekasan Fattah Yasin (ketiga dari kiri) bersama Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya di di Mapolres Pamekasan.

PAMEKASAN (global-news.co.id)-Dr Ir RB Fattah Jasin, Pj Bupati Pamekasan mengharap Pilkada Pamekasan akan berjalan aman, damai lancar dan sukses. Dia juga berharap Pilkada di Pamekasan ini tidak ada problem hukum sehingga pelaksanaan Pilkada sesuai dengan tahapan yang telah direncanakan.

Harapan itu disampaikan Fattah Jasin usai menghadiri brifing g keamanan dan persiapan Pilkada di Mapolres Pamekasan yang dihadiri oleh Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya di Ruang Pertemuan Mapolres Pamekasan, Sabtu kemarin. Hadiri dalam pertemuan itu kalangan alim ulama dan tokoh masyarakat se Pamekasan.

Fattah Jasin menegaskan, keamanan kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan Pilkada selain ditunjang oleh kesiapan aparat maupun panitia pelaksana, namun yang paling penting adalah massalah kesiapan mental dan keinginan masyarakat untuk mensukseskan pilkada nanti. Sebesar apapun kekuatan dan kesiapan panitia dan aparat kalau masyarakat tidak mau aman sendiri maka akan bermasalah.

Menurut dia keinginan dan kometmen masyarakat untuk mensukseskan bersama Pilkada akan berjalan seiring dengan tidak adanya masalah hukum pasca pemilihan nanti. Jika aturan main diikuti dan didukung oleh niat yang tulus untuk kesuksesan dan kedamaian, maka problem hukum tidak akan muncul dan pilkada akan berjalan sesuai tahapan perencanaan.

“Bapak Kapolda dan Bapak Pangdam telah menyampaikan tentang perlunya dimunculkan dan menjadi komitmen masyarakat untuk mensukseskan pilda itu sendiri. Karena itu ini menurut saya sangat tepat untuk diperhatikan oleh seluruh elemen masyarakat agar sukses Pilkada mendatang,” katanya.

Tentang Aparat Sipil Negara (ASN) yang berada dibawah naungan atau lingkungan Pemkab Pamekasan Fattah Jasin menegaskan bahwa mereka harus niteral dan tidak boleh terlibat langsung pada persiapan politik praktis. Meski demikian secara pribadi mereka aparat sipil negara itu juga memiliki hak untuk menjatuhkan pilihannya nanti.

“Nah soal pilihan ini nanti kan ada dalam bilik suara nanti, yang tahu adalah dia sendiri dan Allah SWT. Karena itu saya sudah mewanti wanti agar mereka para ASN itu tetap nertral dalam Pilkada ini. Insya Allah dengan dukungan semua pihak termasuk aparat sipil negara aparat keamanan dan rakyat secara umum, maka aklan sukees,” ucapnya.

Terkait dengan kehadiran Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya di Pamekasan Fattah Jasin menegaskan bahwa Pamekasan merupakan sentral perhatian pihak Polda dan Kodam untuk kesuksesan Pilkada di Madura. Karena itu maka mereka berdua secara husus mendatangi Pamekasan dan bertemu dengan elemen terkaiat untuk kelancaran dan kesuksesan Pilkada. (mas)