Pemkab Dukung Penuh Hadirnya Forum Kewirausahaan Pemuda Pamekasan

Pimpinan lembaga menunjukkan naskah MoU untuk membantu Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) Pamekasan. (GN/Masdawi Dahlan)

PAMEKASAN(global-news.co.id)-Pemkab Pamekasan mendukung penuh hadirnya Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) Pamekasan. Wadah kreatif berusaha kalangan pemuda ini nanti diharapkan akan menjadi lembaga formal yang akan menjadi mitra pemerintah untuk pengembangan kreativitas membangun usaha bagi kalangan generasi muda.

Hal ini diungkapkan Ir Mohamad MM, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olah Raga, saat memberi sambutan dalam acara pentikan pengurus FKP Pamekasan dan ‘Simposium Pemuda’ di ruang pertemuan kantor PKPN Jalan Kemuning Pamekasan, Jumat (4/5/2018).

“Pada prinsipnya hadirnya FKP ini sangat membantu kami di pemkab. Dengan hadirnya FKP maka akan ada wadah formal bagi kami untuk melakukan koordinasi tentang program pengembangan kewirausahaan bagi kalangan pemuda di Pamekasan. Kami akan sangat mendukung penuh,” lanjut Mohamad.

Di pemkab, kata Mohamad, banyak SKPD yang memiliki program terkait dengan pengembangan kreatifitas berusaha bagi kalangan generasi muda. Program itu sangat penting untuk dimanfaatkan dan dijadikan mitra kerja oleh FKP nanti dalam menjalankan tugasnya. Sehingga FKP sebagai wadah membangun kreatifitas usaha bagi pemuda bisa berjalan eksis.

FKP merupakan organisasi pengembangan kreatifitas berwirausaha bagi generasi muda. Organisasi ini bersifat struktural. Di Pamekasan baru terbentuk pada tahun ini yang dirintis oleh sejumlah aktifis pemuda yang peduli terhadap pengembangan kewirausahaan generasi muda.

Ali Hosnan, pembina FKP Pamekasan yang juga pengurus FKP Pusat, menuturkan dalam pelantikan pengurus kali ini juga telah ditandatangani MoU antara berbagai lembaga yakni Unira dan UIM Pamekasan, pemkab dan KNPI untuk membuat komitmen saling membantu menggerakkan kinerja FKP.

Pelantikan pengurus FKP Pamekasan dilakukan oleh pengurus FKP Jawa Timur. Juga hadir dalam pelantikan ini Ketua KNPI Jawa Timur yang juga Plh Bupati Trenggalek Moh Noer Arifin. Ketua DPD KNPI Pamekasan Noer Faisal, Rektor UIM Drs Moh Asyir MSi, Dekan FE Unira Dr HM Ghazali.

Sementara itu, dalam kegiatan ‘Simposium Pemuda’, pasca pelantikan pengurus FKP, pesertanya membludak sekitar 350 orang peserta hadir. Mereka adalah kalangan pemuda yang berusia rata rata 30 tahun dan telah memiliki bentuk kewirausahaan. Pemateri yang dihadirkan dua orang pengusaha muda yang pernah mendapat penghargaan nasional atas keberhasilnya membangun kewirausahaan.

Pasca pelantikan pengurus FKP dan Simposium Pemuda ini, pihak FKP Pamekasan berencana akan menggelar kegiatan yang bertajuk Gelar Karya Wirausaha Pemuda (Gaya Muda) Pamekasan. Dalam kegiatan ini akan dilakukan pameran unjuk kreatifitas kewiraushaaan kalangan pemuda di Pamekasan.(mas/*)