Yakin Suara Naik, Partai Demokrat Pamekasan Tampilkan Caleg Aspiratif

GN/Istimewa
H. Hermanto, Ketua DPC Partai Demokrat Pamekasan yang juga Wakil Ketua DPRD Pamekasan.

PAMEKASAN (global-news.co.id)-DPC Partai Demokrat Pamekasan berusaha agar bakal calon legislatif (bacaleg) yang diusungnya benar-benar aspiratif. Karena itu, Partai Demokrat Pamekasan tengah merumuskan usulan ke DPD Partai Demokrat Jatim maupun DPP Partai Demokrat untuk disinergikan menjadi kebijakan partai secara nasional.

Rumusan usulan itu berupa permintaan agar rekomendasi atau penentuan bacaleg DPRD daerah, provinsi maupun pusat yang akan direkom benar-benar memprioritaskan kader atau bacaleg  yang berasal dari daerah pemilihan, bukan bacaleg yang berasal dari luar daerah pemilihan.

“Ini langkah kami yang tujuannya adalah agar nanti jika ditakdirkan dapat amanat, baik anggota DPR RI, DPRD Provinsi maupun daerah mereka benar benar memiliki ikatan yang mengikat dengan konstituennya di dapil sehingga keberadaan mereka akan terasakan oleh masyarakat dan konstituennya,” kata Ketua DPC Partai Demokrat Pamekasan Hermanto.

Langkah ini dilakukan, kata Hermanto, karena selama ini ada kasus anggota DPRI RI Dapil Madura yang tidak maksimal berkomunikasi dan serap aspirasi dengan masyarakat, karena mereka kurang memiliki ikatan dengan konstituennya. “Kami ingin pada pemilu mendatang itu tak terjadi lagi lagi,” tandasnya.

Pada pemilu tahun lalu, lanjut pria yang juga Wakil Ketua DPRD Pamekasan ini, ada kasus calon dari Pamekasan yang terhempas dari rekom DPP. Padahal calon itu memiliki potensi yang besar untuk raup suara yang banyak karena memiliki potensi riil dan kreatif. Ternyata kader itu tidak direkom oleh DPP karena kebijakan yang kurang tepat.

Terkait dengan itu, kini DPC Partai Demokrat Pamekasan telah membuat rumusan kebijakan untuk disinergikan dengan DPD dan DPP terkait dengan penentuan bacaleg. Rumusan itu dibuat oleh Tim Seleksi Bacaleg DPC Partai Demokrat Pamekasan yang telah dikirim guna ditindak lanjuti ke DPD dan DPP.

Kini, Partai Demokrat Pamekasan telah membuka pendaftaran bacaleg untuk DPRD II, DPRD I dan DPR RI. Pengambilan  formulir mulai tanggal 14 April hingga 14 Mei 2018. Selain diberikan bagi kader kesempatan untuk jadi bacaleg itu juga pada masyarakat umum untuk ikut dalam pencalonan ini.

Terkait peroleh kursi pada pemilu 2019 mendatang, Hermanto mengaku pihaknya optimistis akan mengalami kenaikan dari 5 kursi hasil pemilu lalu menjadi 8 kursi pada pemilu mendatang. Dia yakin banyak peluang Partai Demokrat mengalami kenaikan suara pada pemilu yang akan datang.

“Di antara momentum itu adalah momentum pilkada. Pilkada tahun ini baik pilkada kabupaten akan lakukan sosialisasi secara maksimal, tentang apa dan bagaimana Partai Demokrat selama ini. Apalagi masyarakat sudah mengenal Demokrat karena kami pernah mendapat kepercayaan meminpin bangsa ini,”pungkasnya.(mas/* )