Wabup Khalil Asyari Yakin Baznas Bisa Bantu Atasi Kemiskinan

GN/Istimewa Wakil Bupati Khalil Asy’ari

PAMEKASAN (global-news.co.id)-Wakil Bupati (Wabup) Pamekasan Khalil Asyari berharap Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pamekasan bisa membantu Pemkab dalam melaksanakan tugas pembangunan. Wabup mengatakan Baznas memiliki andil dalam kemaslahatan umat khususnya dalam menekan angka kemiskinan.

“Sebagai bagian penting dari tugas pembangunan khususnya dalam implementasi Gerakan Pembangunan Masyarakat Islami (Gerbang Salam) di Pamekasan ini, kami berharap keberadaan Baznas ini juga agar bisa maksimal dirasakan oleh pemerintah, khususnya dalam menekan angka kemiskinan di Kabupaten Pamekasan,” kata Wabup Khalil.

Wabup Khalil Asyari mengungkapkan hal itu saat memberi sambutan usai pelantikan pengurus Baznas Pamekasan periode 2018-2023 di Pendapa Ronggosukowati Senin (2/4/2018) kemarin. Tak lupa dia juga mengucapkan selamat kepada para pengurus Baznas yang dilantiknya. “Kami mengucapkan selamat pada saudara-saudara sebagai pengurus Baznas yang baru,” kata Khalil Asy’ari.

Pria yang dalam waktu dekat akan segera purna tugas sebagai pemimpin di Pamekasan ini mengatakan saat ini masyarakat sedang menghadapi masalah cukup kompleks. Terutama yang berkaitan dengan ekonomi, ketenagakerjaan, dan kemiskinan. Semua masalah tersebut tidak mungkin terpecahkan jika hanya mengandalkan pemerintah. Karena itu, keberadaan Baznas diharapkan mampu memberikan kontribusi yang maksimal dalam upaya pengentasannya.

“Kerja kerja atau tugas Baznas adalah berdasarkan pada perintah atau ajaran Islam. Sudah pasti ajaran atau perintah Islam itu akan menjadi solusi yang sangat ampuh untuk menyelesaikan persoalan di masyarakat jika dikerjakan dengan baik dan benar, karena perintah atau ajaran Islam adalah ajaran yang sesuai perintah Allah Swt dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” terangnya.

Dia mengakui kiprah Baznas dalam pengelolaan zakat selama ini telah sangat dirasakan oleh masyarakat. Namun demikian, sesuai dengan dinamika perkembangan kehidupan, dia mengakui masih banyak hal yang perlu dioptimalkan ke depan. Karena itu, dia meminta agar kepengurusan Baznas yang baru nanti bisa membawa organisasi ke depan lebih maju.

“Karena itu kepada para pengurus Baznas Kabupaten Pamekasan yang baru dilantik ini kami menyarankan agar segera atau sudah harus menyiapkan program-program kerja sedini mungkin. Termasuk strategi memaksimalkan potensi pendapatan dan pemanfaatannya, sehingga benar-benar akan tampak terasa manfaatnya yang maksimal juga bagi masyarakat,” tuturnya.(mas/*)