Masjid Cheng Hoo, Penggerak Donor Darah

Ustad Hasan Basri (kanan) menerima penghargaan dari Sekdakot Surabaya Hendro Gunawan.

SURABAYA (global-news.co.id) – Memperingati hari Palang Merah se-dunia dan Bulan Sabit Merah ke-155, serta HUT Unit Transfusi darah ke-63, Palang Merah Indonesia (PMI) dan Pemerintah Kota Surabaya (Pemkot) memberikan penghargaan kepada para pihak yang berpartisipasi dalam donor darah pada tahun 2017.

Salah satu penerima penghargaan tersebut, yakni Masjid Cheng Hoo Surabaya. Kategori penghargaan Penggerak Donor Darah Kota Surabaya diterima oleh Masjid Cheng Hoo.

Penghargaan diserahkan oleh Sekdakot Surabaya, Hendro Gunawan kepada Ustad Hasan Basri, Ketua Harian Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Indonesia (YHMCHI), Senin (30/4/2018).
Seperti diketahui, Masjid Cheng Hoo Surabaya, setidaknya dalam sebulan menyelenggarakan donor darah. Pesertanya, tidak hanya datang dari masyarakat sekitar, bahkan ada yang dari luar Surabaya.

Setiap penyelenggaraan donor, diikuti sekitar 200 orang, bahkan terkadang lebih.

Sementara pendonor perseorangan, di antaranya para pendonor darah 50x, sebanyak 30 orang pendonor terbaik tahun 2017. Dari pihak penggerak donor darah sukarela, terdiri dari 5 perguruan tinggi, 10 instansi/perusahaan dan kelompok penggerak PMI di tiga kecamatan di Surabaya.

Mewakili Walikota Surabaya, Tri Rismaharini yang berhalangan hadir, Sekretaris Daerah, Hendro Gunawan, mengucapkan terima kasih kepada PMI dan para pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam donor darah di kota Surabaya. Karena itu, Pemkot juga memberikan bantuan hibah dalam pembangunan gedung berikut fasilitas PMI yang sedang dibangun.

“Karena apa? Selama ini telah banyak membantu Pemkot jika ada musibah. PMI-lah yang pertama kali datang jika terjadi musibah di masyarakat. Semoga di masa mendatang, layanannya semakin maju dan berkualitas,” katanya.

Kepala Unit Donor Darah PMI Kota Surabaya, Budi Arifah, mengatakan, acara pemberian penghargaan kepada semua pihak yang mendonorkan darah maupun penggeraknya, merupakan agenda rutin tahun PMI Kota Surabaya.

“Karena bagaimana pun, kami tidak bisa bekerja sendiri. Perlu kerja sama semua pihak. Makanya, acara ini merupakan wujud penghargaan kami,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, juga terdapat pemberian bantuan sembako dari PT. Matahari Sakti yang langsung diberikan secara simbolis oleh Presiden Direktur PT Matahari Sakti, Puspita Dewi. (Tamam Malaka, Erfandi P.)