Marquez Juara MotoGP Amerika, Rossi di Luar 5 Besar

AUSTIN (global-news.co.id)- Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez membuktikan dirinya sebagai raja MotoGP Amerika Serikat di Circuit of the Americas, Austin, Senin dini hari WIB 23 April 2018.

Pembalap berdarah Spanyol tersebut mencatatkan waktu 41 menit 52,002 detik. Menyusul di bawahnya ada pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales, dengan catatan waktu 41 menit 55,562 detik.

Untuk posisi ketiga ditempati jagoan Ducati, Andrea Iannone. Dia sukses mengungguli pembalap kawakan Movistar Yamaha, Valentino Rossi yang berada satu tingkat di bawah.

Dengan hasil balapan MotoGP Amerika ini, klasemen sementara pembalap menjadi sengit. Marquez kini berada di posisi kedua dengan 45 poin, atau kalah satu angka dari Andrea Dovizioso yang berada di puncak.

Sedangkan urutan ketiga kini menjadi milik Vinales. Pembalap berusia 23 tahun tersebut telah mengoleksi 41 poin hasil dari tiga balapan yang telah dijalani.

Untuk Rossi, sejauh ini belum bisa tampil memuaskan. Alhasil dia harus puas berada di urutan ke-7 karena baru mengumpulkan 29 poin.

Rossi mengaku sulit menentukan sikap terkait hasil MotoGP Amerika Serikat dimana ia berada di posisi keempat. Rossi finis di belakang Marc Marquez, Maverick Vinales, dan Andrea Iannone. Tambahan 13 poin dari seri ini membuat dirinya saat ini mengoleksi 29 poin, tertinggal 17 angka dari pemuncak klasemen Andrea Dovizioso.

“Seri ini tidak berjalan buruk. Bisa dibilang kami menjalani minggu yang positif, namun saya juga sedikit kecewa karena saya berharap bisa bertarung untuk memperebutkan podium,” tutur Rossi seperti dikutip dari GPOne.

Rossi mengakui bahwa Marquez dan Vinales punya kecepatan yang lebih bagus dibandingkan dirinya, namun The Doctor berharap ia bisa bersaing dengan Andrea Iannone. “Saya mencoba, namun karena cuaca panas, saya kesulitan menghadapi kondisi ban depan. Ban depan saya sudah sampai batasnya dan motor melaju lebih lambat.” “Saya tak bisa tetap mendekat pada Andrea [Iannone] dan itu menyedihkan.

Hasil di tiga seri awal MotoGP 2018 yang didapat Rossi lebih buruk dibandingkan catatan yang ia bukukan musim lalu. Namun Rossi menilai dirinya berada dalam kondisi bagus.

“Tahun lalu, di tiga seri awal saya sangat cepat. Saya bisa finis di podium secara konsisten dan memimpin kejuaraan. Namun ketika tiba di Eropa, saya kesulitan. Jadi saya penasaran menanti apa yang terjadi karena saya merasa nyaman dengan kondisi motor saat ini,” kata Rossi.

Rossi juga memberikan pujian pada Suzuki yang menuai hasil bagus lewat Alex Rins dan Iannone di dua seri beruntun. “Mereka mendapatkan peningkatan luar biasa, terutama dalam hal tenaga motor dan sistem perangkat elektronik. Mereka juga punya dua pebalap yang kuat. Saya rasa mereka akan memberikan kami masalah lebih sering di lintasan karena mereka tim yang bagus dan bekerja dengan baik,” tutur Rossi.(cnn/ins)

Berikut klasemen sementara balapan MotoGP 2018, dikutip dari Crash:

  1. Andrea Dovizioso 46 point
  2. Marc Marquez 45 point (-1)
  3. Maverick Viñales 41 poin (-5)
  4. Cal Crutchlow 38 point (-8)
  5. Johann Zarco 38 point (-8)
  6. Andrea Iannone 31 point(-15)
  7. Valentino Rossi 29 point (-17)
  8. Jack Miller 26 poin (-20)
  9. Tito Rabat 22 poin (-24)
  10. Danilo Petrucci 21 poin (-25)
  11. Dani Pedrosa 18 poin (-28)
  12. Alex Rins 16 poin (-30)
  13. Hafizh Syahrin 9 poin (-37)
  14. Pol Espargaro 8 poin (-38)
  15. Aleix Espargaro 6 poin (-40)
  16. Jorge Lorenzo 6 poin (-40)
  17. Franco Morbidelli 6 poin (-40)
  18. Takaaki Nakagami 5 poin (-41)
  19. Scott Redding 4 poin (-42)
  20. Alvaro Bautista 4 poin (-42)
  21. Karel Abraham 1 poin (-45)