LSM Pamekasan Puji Khalil Asyari Pemimpin Berintegritas

Wakil Bupati Khalil Asyari berdialog dengan para aktivis Forum LSM Pamekasan di ruang pertemuan lantai II Kantor Pemkab Pamekasan, Jumat (6/4/2018) malam.

PAMEKASAN (global-news.co.id)-Wakil Bupati Pamekasan Drs Khalil Asyari minta lembaga swadaya masyarakat (LSM) memberi kritik dirinya selama lima tahun melaksanakan tugas memimpin Pamekasan. Tujuannya, agar bisa mendapatkan masukan tentang kekurangan dirinya yang nanti bisa dijadikan acuan oleh pemimpin berikutnya.

Khalil Asyari mengungkapkan permintaan itu dalam dialog bersama Forum LSM se-Pamekasan, di ruang pertemuan lantai II Kantor Pemkab Pamekasan, Jumat (6/4/2018) malam.

Puluhan aktivis LSM hadir dalam acara tersebut. Juga hadir pelaksana tugas (Plt) Sekdakab Pamekasan Moh Alwi dan seluruh pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkugan pemkab setempat.

“Saya minta agar teman-teman LSM mengritisi dan menilai kepemimpinan saya apa adanya. Ini penting bagi saya, juga bagi pemimpin Pamekasan akan datang, sehingga nanti apa yang menjadi kekurangan akan bisa jadi catatan guna diperbaiki oleh pemimpin Pamekasan terpilih yang akan datang,” katanya.

Khalil Asyari yang akan segera memasuki masa purna tugas pada tanggal 22 April mendatang itu menegaskan, hingga saat ini dirinya belum menentukan aktivitas apa yang akan dijalaninya pasca purna tugas nanti. Hanya yang pasti, katanya, dia akan tetap menjalin komunikasi dengan semua elemen masyarakat untuk kebaikan Pamekasan.

“Yang pasti yang dapat saya tegaskan saat ini saya akan ternak teri (antar anak dan antara istri, red). Sebagai kepala keluarga pasti tiap saya akan antar anak dan antar istri tiap pagi. Antar  anak ke sekolah dan antar istri ke pasar karena istri saya suka belanja sendiri ke pasar untuk keperluan sehari hari,” canda Khalis disambut tawa hadirin.

Menjawab permintaan Khalil Asyari, Koordinator Forum LSM Pamekasan Ribut Baidi menegaskan, dari hasil amatannya Khalil termasuk pemimpin yang memiliki integritas bagus. Dengan segala plus minusnya, kata Ribut, Khalil Asyari diakui pemimpin yang bersih, sederhana dan merakyat.

“Tentu ada kelemahan dan kekurangannya. Namun secara umum kami menilai, Bapak Wabup (Khalil—red.) memiliki integritas yang baik dan Insya Allah ini bukan hanya penilaian saya, namun juga penilaian masyarakat umum,“ ungkap mantan aktivis PMII Cabang Pamekasan ini.

Terkait dengan kinerja OPD di lingkungan pemkab, Ribut mengatakan secara umum sudah terjadi banyak perubahan yang signifikan dari sebelumnya. Banyak temuan temuan LSM yang disampaikan kepada OPD yang ditindak lanjuti dengan baik oleh OPD yang bersangkutan.

“Kami lakukan semua itu semata-mata untuk kepentingan  membantu pemerintah dalam menjalankan tugasnya melayani masyarakat. Dan Alhamdulillah apa yang menjadi temuan kami telah banyak jadi atensi pimpinan daerah dan ditindak lanjuti oleh OPD. Tentu saja juga masih ada OPD yang perlu mendapat pengawalan terus agar bisa bekerja dengan baik,” katanya.(mas/*)