Raih Dua Emas di OSN, Singkirkan Dominasi SMPN

GN/Istimewa
Nofal Roihan Akbar dan Dina Afanza Merdiana

PAMEKASAN (global-news.co.id)-Dominasi sekolah negeri di ajang Oliampiade Sain Nasional (OSN) tingkat Kabupaten Pamekasan kali ini terpatahkan. Tahun ini, SMP swasta asal kota Gerbang salam tersebut yang muncul sebagai juara.

Adalah SMP Plus Nurul Hikmah yang beralamat di Jalan Jokotole Indah Blok C Kav 4 Pamekasan kembali mengukir prestasi menjuarai OSN SMP tingkat kabupaten. Prestasi tersebut ditorehkan dua siswa sekolah swasta tersebut masing masing berhasil meraih juara 1 atau medali emas untuk mata pelajaran IPA dan Matematika.

Untuk bidang studi Matematika atas nama Nofal Roihan Akbar yang saat ini masih duduk di kelas II. Sedangkan mata pelajaran  IPA yang berhasil meraih medali emas atas nama Dina Afanza Merdiana yang juga masih duduk di kelas II. Kini dua orang siswa tersebut akan menjadi duta Pamekasan dalam OSN SMP tingkat Propinsi.

Yang menarik keberhasilan SMP Plus Nurul Hikmah menjadi juara puncak dalam OSN ini, bukan pertama kali. Namun tahun 2017 lalu, siswa SMP Plus Nurul Hikmah bahkan bisa berhasil menjadi juara II atau medali perak untuk OSN SMP tingkat nasional bidang studi IPS atas nama Gamanda Abdul Latief.

Keberhasilan SMP Plus Nurul Hikmah meraih prestasi bidang sain baik lokal hingga nasional, telah menggeser opini publik tentang sekolah unggulan  di Pamekasan. Sebab selama ini dalam tiap event OSN tingkat daerah maupun nasional yang muncul selalu utusan sekolah negeri seperti SMPN 1 dan SPMN 2 Pamekasan.

Prestasi SMP Plus Nurul Hikmah bukan hanya di bidang sain, namun juga dalam bidang non akademik. Brillian Ogie Bagus Kusuma berhasil meraih juara I dalam Olimpiade Olah Raga Siswa Nasional (O2SN) provinsi bidang karate tahun 2017 lalu. Juga siswa atas nama Bimo Aji berhasil meraih juara II O2SN Jawa Timur untuk cabang catur. Bahkan Bimo Aji pernah berhasil masuk 10 besar tingkat dunia di Brazil tahun 2014 lalu.

Kepala SMP Plus Nurul Hikmah Syaiful Rizal berharap prestasi itu menjadi motivasi siswa lainnya untuk meningkatkan semangat belajar. “Jika ada kemauan dan semangat yang bagus, Insya Allah akan membuahkan hasil,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang SMP Disdik Pamekasan Drs HM Toyyib mendampingi Kepala Disdik Drs HM Tarsun mengatakan, para peraih medali OSN tingkat kabupaten itu nanti akan diberi pelatihan dan bimbingan yang intensif untuk mempersipkan menuju OSN tingkat provinsi yang akan digelar 21 April mendatang.

“Harapan kami jelas mas, semoga keberhasilan tahun 2017 lalu dimana siswa kita dari Pamekasan berhasil meraih jura II atau medali perak nasional, akan terulang lagi dalam OSN tahun ini. Kami mohon dukungan semua pihak utamanya para guru pimpinan sekolah dan orang tua siswa untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik,” katanya. (mas)