Lepas Sambut Kasgartap III/Surabaya, Lukman: Dukungan Widodo Masih Diharapkan

GN/Erfandi Putra
(Kiri-Kanan) Brigjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, Wakapolda Jatim, Komandan Garnisun Tetap III/Surabaya Mayor Jenderal TNI Arif Rahman, Edy Prawoto, H.A. Nurawi dan Brigjen TNI (Mar) Lukman (paling kanan).

SURABAYA (global-news.co.id) – Seusai serah terima jabatan Kasgartap III/Surabaya dari Brigjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto ke Brigjen TNI (Mar) Lukman,ST, M.Si (Han) dilanjutkan acara “Lepas Sambut Kasgartap III/Surabaya, Jumat (23/10/2018), di Makogartap III/Surabaya, Jl. Ngemplak 2-4 Surabaya.

Pada acara ini, Widodo memberikan kesan dan pesannya, sedangkan Lukman memperkenalkan diri kepada jajaran Gartap III/Surabaya. Hadir dalam acara tersebut Komandan Gartap III/Surabaya Mayjen TNI Arif Rahman yang juga Pangdam V/Brawijaya, Wakapolda Jatim, serta sejumlah pejabat militer lainnya. Juga tampak Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Brigjen Pol (Pur) Edy Prawoto SH, MHum Ketua Umum MPET2 (organisasi yang menaungi Ling Tien Kung) beserta jajarannya, H.A Nurawi Ketua Umum Yayasan Haji Muhammad Chneg Hoo Surabaya beserta jajarannya dan tamu undangan lainnya.

Brigjen TNI (Mar) Widodo DP (kanan) menerima buku Ling Tien Kung dari Ketua MPET2 Brigjen Pol (Pur) Edy Prawoto dan H.A Nurawi yang juga Sekjen MPET2.

Dalam sambutannya Widodo mengatakan, selama bertugas di Surabaya sungguh banyak kesannya. Meski demikian, dia mengatakan, yang namanya bekerja pasti ada kekurangannya. Kekurangan ini diharapkan dilanjutkan oleh Bapak Lukman.

“Saya mohon doa restunya di tempat kerja yang baru, yakni sebagai Kepala Staf Korps Marinir (Kaskormar),” katanya.

Seperti diketahui, Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono. S.H. M.H. M.Tr. Han., memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Kepala Staf Korps Marinir (Kaskormar) di Gedung Tengah Marinir, Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun No. 40 Jakarta Pusat, Kamis (5/3/2018).

Dalam acara tersebut jabatan Kaskormar diserahterimakan dari Brigjen TNI (Mar) Hasanudin kepada penggantinya Brigjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto.

Selanjutnya Brigjen TNI (Mar) Hasanudin akan menempati jabatan baru di Markas Besar TNI Angkatan Laut Cilangkap, sedangkan pejabat Kaskormar yang baru Brigjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto sebelumnya menjabat sebagai Kasgartap III Surabaya.

Sementara itu, Lukman dalam sambutannya mengatakan, pihaknya tetap berharap dukungannya kepada Widodo dalam menjalankan tugasnya. “Bagaimana pun nantinya saya akan tanya-tanya kepada Pak Widodo. Khususnya dalam beberapa hal yang terkait dengan Gartap III/Surabaya,” katanya

Bekerja Ikhlas

Komandan Garnisun Tetap III/Surabaya Mayor Jenderal TNI Arif Rahman saat memimpin serah terima jabatan Kepala Staf Garnisun Tetap (Kasgartap) III/Surabaya dari Brigjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto ke Brigjen TNI (Mar) Lukman mengucapkan selamat kepada pejabat baru.

“Selamat bertugas kepada Kasgartap III/Surabaya yang baru,” ujar Mayjen TNI Arif Rahman di sela prosesi sertijab di gedung Serbaguna Makogartap Surabaya, Jumat.

Terdapat satu hal yang wajib diingat oleh pejabat baru usai sertijab, yakni menjaga hubungan baik dengan semua pihak, sekaligus mampu melaksanakan tugas dan tanggung jawab.

“Yang perlu diingat, mari memantapkan kepribadian yang dilandasi dengan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Maha Esa, serta bekerja benar dan ikhlas,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, jenderal bintang dua itu mengatakan dalam menghadapi situasi nasional saat ini merupakan tantangan tersendiri sebagai dampak dari situasi politik pada umumnya.

Tak hanya kewaspadaan, kata dia, antisipasi terhadap situasi di sekeliling lingkungan sekitar juga dinilai sangat penting untuk dilakukan, terlebih mengantisipasi setiap isu maupun perkembangan di masyarakat.

“Pertahankan situasi yang kondusif dan pelihara hubungan baik antara TNI dan Polri dan masyarakat,” kata jenderal yang juga Pangdam V/Brawijaya tersebut, seperti dikutip jatim.antaranews.com.

Sementara itu, turut hadir pada prosesi sertijab tersebut Kepala Staf Kodam (Kasdam) V/Brawijaya Brigjen TNI Widodo Irsyansyah, Wakapolda Jatim, Danrem 084/Bhaskara Jaya Kolonel Kav M. Zulkifli, Danpasmar 1, dan beberapa pihak lainnya. (Erfandi Putra)