Ibrahim Orasi Ilmiah di Wisuda Akmar: Tingkatkan Kompetensi Pelaut Menuju Poros Maritim Dunia

JAKARTA (global-news.co.id) – Pakar energi yang juga bakal calon legislatif dari Partai NasDem, Ibrahim Hasyim, menyampaikan orasi ilmiah di acara Wisuda Akademi Maritim (Akmar) Djadajat Balai Samudera Jakarta pada 22 Maret 2018. Tema orasi ilmiah Meningkatkan Kompetensi Pelaut dalam Rangka Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Dalam kesempatan itu, Ibrahim Hasyim mengatakan, komitmen melihat laut sebagai masa depan Indonesia, harus tercermin dalam banyak hal. Mulai dari politik anggaran sampai kepada penyiapan kualitas sumber daya manusia dengan kompetensi yang sesuai dengan tantangan baru di dunia maritim.

Kurikulum dan kualifikasi dosen harus dikembangkan. Laut tidak lagi hanya disibukkan dengan permasalahan angkutan laut perdagangan komoditi dunia, sebab di laut juga tersimpan triliunan dolar sumber daya laut seperti ikan, bahan tambang dan pesona wisata.

“Pelaut dituntut mengerti seluk beluk perkembangannya itu semua, agar jasa layanan yang diberikan dapat membawa kepada cita cita untuk menjadi poros maritim dunia,” kata Ibrahim. (fan)

Tag: