Khofifah-Emil Nomor 1, Gus Ipul-Puti Nomor 2

SURABAYA (global-news.co.id)-Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, Khofifah Indarparawansa- Emil Dardak mendapat nomor urut 1. Sedangkan, Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno mendapat nomor urut 2.

Hal itu ditentukan melalui pengundian nomor urut kedua pasangan calon di Ballroom Hotel Mercure, Selasa (13/2/2018). Proses pengundian pun berlangsung sangat cepat.

Ketua KPU Jatim Eko Sasmito sempat lebih dulu membuka acara ini. Dilanjutkan pembacaan peraturan Pengundian Nomor Urut.

Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elistianto Dardak dan Puti Guntur Soekarno dipersilakan mengambil nomor antrean lebih dulu.

Di dalam sebuah wadah kaca sudah tersedia sembilan nomor. Kedua Calon Wakil Gubernur ini mengambil nomor yang akan menentukan urutan pengambilan undian nomor urut.

Emil mendapat nomor 9 sedangkan Puti mendapatkan nomor 7. Karena Emil mendapat nomor lebih besar, maka pasangan Khofifah-Emil dipersilakan mengambil gulungan berisi nomor urut lebih dulu.

Giliran Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Khofifah maju ke depan panggung. Khofifah memilih gulungan lebih dulu, dilanjutkan Gus Ipul.

Keduanya lantas diminta membuka nomor bersamaan dan tampaklah Khofifah membawa gulungan berisi nomor urut 1 dan Gus Ipul membawa gulungan nomor urut 2.

Pendukung masing-masing pasangan calon meneriakkan yel-yel yang memenuhi ruangan Ballroom Lantai 2 Hotel Mercure menjadi riuh rendah.

Kedua pasangan calon, setelah menandatangani dan menerima berita acara rapat pleno terbuka Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon menyampaikan menyampaikan beberapa patah kata.

Panitia memberikan kesempatan bagi para pendukung Gus Ipul-Puti Guntur Soekarno untuk meneriakkan yel-yel.

Sementara itu, sebelum tiba di lokasi, kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jatim datang dengan cara unik untuk menarik perhatian awak media yang meliput di halaman Hotel Mercure.

Pasangan calon Gus Ipul-Puti Guntur datang lebih dulu dengan naik angkot. Gus Ipul mengenakan pakaian putih dan Puti Guntur Soekarno mengenakan baju putih dan kerudung merah.

Selang 15 menit kemudian rombongan Khofifah-Emil datang dengan berjalan kaki dengan dipayungi oleh para pendukungnya di tengah guyuran gujan. Khofifah tampak berbaju serba putih, begitu juga Emil. Tampak Arumi Bachsin juga ikut mendampingi Emil Dardak berjalan kaki dari Posko Pemenangan Jl Progo V, Darmo.

Dua pasangan calon ini tidak memberikan komentar apapun, mereka hanya sesekali berhenti untuk melayani para pewarta mengabadikan gambar.

Meski dua pendukung masing-masing pasangan calon turut hadir di halaman Hotel Mercure dan saling beradu yel yel, tapi sejauh ini masih berjalan kondusif. Aparat kepolisian juga melakukan penjagaan kepada kedua belah pihak untuk menghindari terjadinya gesekan.(ins/ssn)