Komisi V DPR RI Kunjungi Dam Plesungan

Sigit Sosiantomo memimpin rombongan Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI di Desa Tungkul Rejo Kecamatan Padas kabupaten Ngawi, Kamis (25/1/2018).

NGAWI (global news-co.id)-Bendung Plesungan di Desa Tungkul Rejo Kecamatan Padas Kabupaten Ngawi yang rusak akibat diterjang banjir bulan Januari mendapat perhatian rombongan Komisi V DPR RI.

Kunjungan kerja Komisi V yang dipimpin Sigit Sosiantomo kali ini melihat langsung sarana dan prasarana infrastruktur Bendung Plesungan yang mengalami kerusakan pada bulan Januari 2018.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar, Sekretaris Daerah Mokh. Sodiq Triwidiyanto, Kadin/Kabag serta warga sekitar.

Wakil Bupati Ngawi Ony Anwar dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terima kasih telah merespon dengan cepat keluhan-keluhan masyarakat atas robohnya bendung Plesungan yang terkena banjir.

Bendung ini satu bagian irigasi waduk Pondok yang sangat sangat dibutuhkan oleh masyarakat utamanya Kecamatan Padas. ”Jika dam ini tidak segera diperbaiki, dalam masa tanam 2 dan 3 tidak bisa tanam,” ujar Ony Anwar.

Sekadar diketahui, bendungan ini direhab total terakhir sekitar tahun 1982 dengan luas wilayah cakupan pengairan mencapai sekitar 608 hektare terletak di 5 desa yang berada di 2 kecamatan di antaranya Desa Tungkul Rejo 45 Ha, Pangkur 187 Ha, Tambak Romo 50 Ha, Waruk Tengah 183 Ha, Pleset 143 Ha.

Kabupaten Ngawi termasuk lumbung pangan nasional dengan produksi gabah pertahun 250 ribu ton nomor 4 di Jawa Timur.

Ke depan Kabupaten Ngawi mempunyai program setiap tahun harus ada embung/dam yang di bangun untuk pemenuhan kebutuhan irigasi primer, sekunder maupun tersier.

Sementara itu, Kepala DAS Solo siap melakukan perbaikan bendung Plesungan selambat-lambatnya dua minggu setelah kegiatan kunjungan tersebut tentunya dengan bantuan masyarakat sekitar. (nal/bid)