Temasek Resmi Lego Bank Danamon

JAKARTA (global-news.co.id) – Temasek Holdings asal Singapura akhirnya secara resmi melego seluruh saham yang dimilikinya di PT Bank Danamon Tbk kepada Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ Limited (MUFG). Transaksinya akan dilakukan dalam tiga tahap, dengan nilai pembelian sekitar 39% di atas harga pasar bank kelima paling menguntungkan di Indonesia tersebut.

Bank of Tokyo-Mitsubishi telah menandatangani perjanjian jual-beli saham bersyarat Danamon dengan Asia Financial Indonesia Pte. Ltd., yang merupakan anak perusahaan Fullerton Financial Holdings milik Temasek. Jumlah saham Danamon yang berpindah tangan sebanyak 73,8%.

Sekretaris Perusahaan Bank Danamon Rita Mirasari dalam suratnya kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (26/12) menyebutkan,  transaksi itu dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama, MUFG akan membeli 19,9% saham Danamon dengan harga Rp 8.323 per saham atau senilai total Rp 15,87 triliun. Ini setara dengan 2 kali dari nilai buku Danamon pada kuartal III-2017.

Harga pembelian tersebut lebih tinggi 39% dari harga saham emiten berkode BDMN itu pada penutupan perdagangan di BEI, Jumat pekan lalu (22/12), yaitu sebesar Rp 6.000 per saham. “Transaksi tahap pertama ini diharapkan rampung dalam beberapa hari ke depan,” kata manajemen MUFG dalam siaran persnya.

Kedua, MUFG akan membeli 20,1% saham Danamon dari Temasek sehingga kepemilikannya meningkat jadi 40%. Transaksi tahap kedua ini diharapkan rampung pada kuartal II atau III tahun depan dengan mengantongi persetujuan dari otoritas di Indonesia. Sebab, trasnaksi tahap kedua itu akan menjadikan MUFG sebagai pengendali baru Danamon.jef