El Clasico: Pilihan Madrid Menang atau Makin Tertinggal

MADRID (global-news.co.id)-Laga El Clasico antara Real Madrid dan Barcelona berlangsung akhir pekan ini. Madrid menjamu Barcelona di Santiago Bernabeu dalam lanjutan Liga Spanyol 2017-2018 pekan 17, Sabtu (23/12/2017) mulai pukul 19.00 WIB.

Tuan rumah Madrid pastinya lebih berharap bisa memenangkan bentrok klasik ini. Selain menjaga gengsi bermain di hadapan Madridista, tim asuhan Zinedine Zidane tentunya tidak ingin semakin tertinggal semakin jauh dengan Barcelona yang kini berada di posisi puncak klasemen sementara.

Saat ini Madrid baru mengoleksi 31 angka, terpaut 11 poin dari Blaugrana –julukan Barcelona. Seandainya menelan kekalahan, praktis gap poin menjadi 14 angka dan itu semakin membuat berat peluang Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan untuk mempertahankan trofi.

Tapi Luka Modric menjamin Madrid belum akan mengibarkan bendera putih. Bersemangat menyambut El Clasico, Modric juga menyebut Madrid sedang dalam kondisi moral yang oke.

“Sekarang kami dalam performa bagus dan senang sebuah pertandingan besar menanti sebelum Natal, kami siap untuk tampil luar biasa,” ujar Modric.

Modric pun menjanjikan laga super berat yang harus dihadapi tim tamu Barcelona. “Kami harus tetap padu dan tidak memberi Barcelona banyak ruang karena jika itu terjadi, mereka akan menghukum Anda,” lanjut Modric.

Menghadapi El Clasico akhir pekan ini, kedua pelatih, Zinedine Zidane dan Ernesto Valverde sudah pasti akan menurunkan kekuatan terbaiknya.

Zidane hampir pasti bakal menurunkan susunan pemain yang sama ketika Madrid merebut gelar Liga Champions musim lalu dan menjadi juara dunia Piala Dunia Antarklub 2017.

Isco diperkirakan bakal dipilih Zidane memulai pertandingan dari awal. Posisinya akan membuat Gareth Bale yang belum 100 persen fit, berada di bangku cadangan. Namun, Bale berpeluang diturunkan namun pada babak kedua di babak kedua, terutama jika Los Blancos terdesak. Beruntungnya Zidane tidak dihadapkan dengan cedera pemain.

Sebaliknya, Barcelona akan menjalani El Clasico dengan kehilangan sejumlah pemain. Samuel Umtiti, Paco Alcacer, dan Gerard Deulofeu masih mengalami cedera. Sementara Rafinha dan Ousmane Dembele belum sepenuhnya fit setelah kembali dari cedera.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, kemungkinan besar hanya akan pusing dengan pemilihan kuartet lini belakang. Sergio Roberto dan Nelson Semedo akan bersaing menjadi bek kanan. Semedo dianggap lebih layak menghadapi Cristiano Ronaldo dan Marcelo di sisi kanan.

Siapa yang akan menjadi duet Gerard Pique juga masih belum bisa dipastikan. Valverde punya dua opsi yang sama bagus. Javier Mascherano sudah kembali fit, dan Thomas Vermaelen kembali bangkit setelah cedera lama.

El Clasico dalam kompetisi La Liga memang selalu menjanjikan pertarungan menarik. Dalam pertemuan serupa sebelumnya, pada leg II Piala Super Eropa, 18 Agustus 2017 dini hari WIB, Madrid menang 2-0 atas Barcelona. Kalau ini jadi patokan, Los Blancos boleh membusungkan dada.

Namun, Barcelona tentunya bukan tim kemarin sore. Tim asuhan Ernesto Valverde jelas ingin melanjutkan catatan tak terkalahkan mereka di Liga Spanyol 2017-2018. Dari 16 pertandingan, Barcelona meraih 13 menang dan tiga imbang.

Ditambah lagi, Barcelona sempat mengalahkan Madrid 3-2 di pekan 33 Liga Spanyol 2016-2017 yang berlangsung di Bernabeu. Saat itu, Lionel Messi menjadi bintang kemenangan lewat gol yang dicetak di saat-saat pertandingan hampir berakhir. Nah, siapa yang akan menang, kita lihat saja tanggal mainnya. (faz/ins)