Surabaya Masuk Destinasi Domestik Paling Banyak Dicari Lewat Search Engine Google

GN/F. Al Aziz
Mira Sumanti, Search Marketing Manager Google Indonesia, memaparkan hasil riset yang dilakukan Google dala kampanye fitur terbaru Google App di Surabaya, Selasa (21/11/2017).

SURABAYA (global-news.co.id)-Tingkat pencarian tiket, hotel, tempat tujuan wisata di Indonesia dengan menggunakan mesin pencarian (search engine) Google naik terus 5 persen setiap tahun. Berdasarkan metode pencarian yang sama, Google pun menempatkan Surabaya di posisi keempat sebagai destinasi domestik yang paling banyak dicari setelah Jakarta, Bali, dan Jogjakarta.

Search Marketing Manager, Google Indonesia, Mira Sumanti, mengungkapkan, berdasarkan inilah pihaknya memilih Surabaya sebagai tempat kampanye aplikasi penelusuran Google (Google App) yang kembali meluncurkan inovasi dan kemudahan menemukan informasi sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia, Selasa (21/11/2017).

“Surabaya kita ketahui menjadi salah satu top destinasi domestik tempat orang mau berkunjung,” kata Mira Sumanti di sela kampanye bertajuk #LiburanDenganGoogle.

Mira mengatakan, dengan menggunakan fitur baru Google App, pengguna bisa terbantu mencari informasi dengan mudah. “Kalau biasanya orang mencari informasi dari banyak website, nah melalui fitur ini, cukup dengan membuka Google App, sudah bisa memperoleh informasi mulai dari hotel, tiket maskapai penerbangan, tempat belanja, serta taksi hingga destinasi wisata yang bisa digunakan untuk mengambil keputusan,” ungkap Mira Sumanti.

Tak hanya itu, fitur search yang baru juga mampu memberikan informasi seperti foto, ulasan, lokasi, dan harga yang disesuaikan dengan budget. “Sekarang Anda bisa langsung memperlihatkan perbandingan harga dan promosi langsung di Google mulai perbandingan harga hingga informasi tanggal terbaik untuk jadwal pesawat juga tersedia, sehingga agar bisa mengambil keputusan sesuai dengan bujet anda sebelum melakukan pemesanan,” tambah Mira Sumanti.

Lebih lanjut diungkapkan, tingkat pencarian terkait dengan transportasi dan akomodasi kunjungan domestik melalui mesin pencari Google setiap tahun mengalami pertumbuhan. “Kenaikannya lima persen setiap tahun,” ucap Search Marketing Manager, Google Indonesia ini. “Data yang kita perlihatkan merupakan data pencarian selama 11 bulan terakhir hingga November 2017,” ungkap Mira.

Dalam kesempatan tersebut, hadir juga keluarga Gen Halilintar, rombongan keluarga inspiratif yang kerap melakukan perjalanan keliling dunia,  mendukung peluncuran kampanye #LiburanDenganGoogle ini. “Kami suka melakukan riset mendalam sebelum melakukan perjalanan, seringkali dengan bertanya rekomendasi dari teman dan mencari perbandingan harga dari berbagai situs di Internet. Dengan aplikasi Google, kami bisa dengan mudah mendapatkan informasi-informasi tersebut di satu tempat, dari mulai foto, ulasan, harga, dan lokasi. Jauh lebih cepat dan praktis,”kata Lenggogeni yang akrab disapa Bu Gen.

Mengutip katadata, pada tahun 2025, Country Industry Head of Google Indonesia Henky Prihatna memprediksi ekonomi digital Indonesia bakal menjadi yang paling tinggi di Asia Tenggara. Saat itu, nilai ekonomi digital bakal sebesar US$ 81 miliar atau sekitar Rp1.095,93 triliun.

Kata Henky, jumlah itu merupakan kontribusi travel online sebanyak US$ 25 miliar atau sekitar Rp 338,25 triliun. “Sebab, pencarian tentang travel di Google sudah meningkat pesat,” ujar Henky di Jakarta, Selasa (21/11/2017).(faz)