Hasan Basri Wakili YHMCHI Ikuti IVLP ke AS

GN/Istimewa
Hasan Basri (memakai baju putih dan kopiah) berfoto di depan Gedung Putih bersama dengan perwakilan dari seluruh Indonesia yang ikut dalam program yang diselenggarakan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat.

SURABAYA (global-news.co.id)-Hasan Basri, Ketua Harian Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo (YHMCHI), menjadi salah satu dari delapan orang yang terpilih se-Indonesia untuk mengikuti International Visitor Leadership Program (IVLP)-Religius & Tolerance ke Amerika Serikat (AS). Hasan Basri bersama sejumlah rombongan bertolak ke AS Jumat (3/11/2017) dari Bandara Internasional, Juanda.

Sejumlah pengurus YHMCHI dan PITI Jatim mengantar rombongan tersebut di Juanda. “Kami mohon doanya, semoga perjalanan ini berjalan lancar. Di samping itu, semoga dalam program ini memberikan manfaat bagi umat Islam, khususnya bagi YHMCHI dan PITI,” kata Hasan dari Washington.

Dari Washington, dini hari tadi Hasan melaporkan di hari pertama, tepatnya 4-10 rombongan yang tergabung dalam program ini lebih banyak mengunjungi sejumlah tempat di Washington. Seperti  kunjungan ke Gedung Putih, Monumen Thomas Jeferson dan Abraham Lincoln, Gedung Parlemen hingga ke Museum Toko Amerika.

Program ini diselenggarakan Department of State (Departemen Luar Negeri Amerika Serikat)  yang dimaksudkan untuk membangun kesepahaman antara Amerika Serikat dan negara di dunia ini melalui beberapa orang yang terpilih yang sebelumnya telah melalui beberapa tahapan seleksi di Kedutaan Besar dan Konsulat Jenderal Amerika Serikat. Tahun ini ada beberapa tema yang menjadi fokus program ini, salah satunya adalah agama dan toleransi. “Sekali lagi, saya berharap semoga kunjungan ini memberikan manfaat bagi kita semua,” kata Hasan. Erfandi Putra

8 orang terpilih di Indonesia yang mengikuti kegiatan ini:

  1. Liem Fuk Shan (Hasan Basri) Ketua Harian Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo
  2. Muhammad Isa, guru SMA Kebangsaan Lampung
  3. Sri Rahayu Kasim, Kader Fatayat Nahdlatul Ulama
  4. Mursalaat, Pemimpin Redaksi Jurnal Al‑Izzah LPPM IAIN Kendari
  5. David Danial Edison Natun Chairman, The Protestant Church Youth Ministry, Gereja Masehi Injili di Timor
  6. I Nyoman Bintare Prayudi Ketua East Java Chapter
  7. Asep Saduddin Sabilurrasad Project Officer, Lakpesdam PBNU
  8. Risnoni Sumbara Staf Kamentrian Agama Poso

Program ini berlangsung sejak tanggal 4 November sampai 25 November 2017 dengan mengunjungi 4 negara bagian di Amerika Serikat yaitu:

  1. Washington, 4-10 November 2017
  2. Rochester, 10-15 November 2017
  3. Atlanta, 15-20 November 2017
  4. Indianapolis, 20-25 November 2017