Wabup Minta Disdik Pamekasan Tingkatkan Sinergi dengan Dewan Pendidikan

GN/Masdawi Dhlan
Wabup berpose foto bersama dengan pengurus Dewan Pendidikan Pamekasan.

PAMEKASAN (global-news.co.id)-Wakil Bupati Pamekasan Khalil Asyari meminta agar dinas pendidikan setempat membangun sinergi dengan Dewan Pendidikan Pamekasan. Sinergi diyakini menjadi jalan menuju keberhasilan disdik dalam menjalankan tugasnya sebagai instansi teknis di bidang kependidikan di Pamekasan.

Wabup mengungkapkan hal itu saat memberi sambutan usai mengukuhkan pengurus Dewan Pendidikan Pamekasan masa bhakti 2017-2022 di Pendopo Ronggosukowati Pamekasan,  Kamis (19/10/17). Pengukuhan pengurus dewan pendidikan ini dihadiri oleh pejabat Dinas Pendidikan Pamekasan, komisi terkait di DPRD Pamekasan, para kepala sekolah SD, SLTP dan SLTA dan undangan lainnya.

“Khususnya dalam pembangunan pendidikan Pamekasan. Saya berharap kepada dinas pendidikan sebagai institusi teknis pemerintah bersinergi dengan Dewan Pendidikan sebagai mitra strategis. Insya Allah jika sinergisitas itu bisa terbangun masalah kependidikan akan mudah terpecahkan dengan baik dan bisa menemukan solusinya,“ ujarnya.

Pembangunan bidang pendidikan, kata Khalil, merupakan pekerjaan besar yang tidak mungkin dipikirkan dan dikerjakan sendiri oleh pemerintah atau dalam hal ini hanya dinas pendidikan semata. Karena itu, dibutuhkan keterlibatan stakeholder yang lain. Di antara stakeholder lain yang sangat strategis adalah dewan pendidikan, yang memiliki tugas memberikan masukan dan saran kepada pemerintah daerah.

“Pendidikan merupakan bagian dari kehidupan masyarakat. Tanpa pendidikan, masyarakat akan kehilangan arah. Karena itu pendidikan ini tanggung jawab bersama semua stakeholder dan karena itu keberhasilannya juga harus bisa dinikmati bersama juga. Keberhasilan pembangunan daerah terlihat dari sejauh mana keberhasilan dalam pendidikannya,” tegasnya.

Pada kesempatan itu Khalil juga mengucapkan selamt bertugas dan bekerja kepada para pengurus Dewan Pendidikan yang dikukuhkannya. Dia juga meminta agar Dewan pendidikan aktif meberikan masukan untuk kemajuan pendidikan di kota Gerbang Salam ini.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Pamekasan, saya mengucapkan selamat kepada pengurus Dewan Pendidikan yang sudah dilantik,”  tandasnya.

Sebelum acara pengukuhan pengurus Dewan Pendidikan, Wabup Khalil Asyari memberikan penghargaan kepada pada santri asal pondok pesantren di Pamekasan yang berprestasi di ajang Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK) tingkat Jatim. Penyerahan dilakukan di Kantor Kemenag Pamekasan.  “Prestasi ini mengharumkan Pamekasan. Semoga menjadi motivasi bagi yang lain,” harapnya. (mas/*)