Hujan Bakal Sambangi Beberapa Wilayah di Jatim

SURABAYA (global-news.co.id)-Sejumlah daerah di Jawa Timur dalam beberapa hari ke depan diprediksi bakal diguyur hujan dengan intensitas deras. Potensi hujan tiba-tiba ini merupakan sesuatu yang biasa karena memasuki musim transisi, yakni musim peralihan dari musim kemarau ke musim hujan.

Prakirawan BMKG Juanda Surabaya, Agatha mengatakan, sejumlah daerah seperti, Pacitan, Ponorogo, Tulunggung, Kediri, Trenggalek, Blitar, Madiun dan Magetan, berpotensi terjadi hujan secara tiba-tiba, pada Senin (2/10/2017) ini. Sementara itu untuk wilayah di Jawa Timur yang sudah masuk awal musim penghujan yakni Kediri bagian timur, Pacitan, Trenggalek, Malang selatan, Lumajang dan Banyuwangi barat.

Prakirawan BMKG Juanda yang lain Teguh menambahkan, cuaca di hampir seluruh wilayah Jawa Timur masih clear, meskipun potensi hujan masih terjadi di beberapa wilayah. “Tadi malam memang ada hujan di wilayah utara Gresik, Lamongan dan Bangkalan,” kata Teguh.

Teguh mengimbau agar masyarakat waspada serta menjaga kesehatan menjelang musim hujan. Ini karena perubahan suhu bisa saja terjadi secara tiba-tiba. “Waspadai juga potensi hujan deras secara tiba-tiba yang disertai angin kencang,” ujarnya. * nas