Harapan yang Hilang

ilustrasi

WAJAH Mirnawati (44) beberapa bulan terakhir ini tampak murung. Ada apa gerangan? Kebahagiaan yang sudah 21 tahun bersama suaminya kini sirna. Sang suami kecantol gadis bahenol yang jauh muda darinya. Kinyis-kinyis lagi.

“Sudah 4 bulan suami saya tak pulang ke rumah. Saya dengar dia kecantol gadis berumur 29 tahun. Sudah pasti suaminya saya tertarik, kan lebih muda dari saya. Sementara saya sudah 44 tahun mas. Ya inilah kehidupan mas. Disaat saya merasa kebahagian itu utuh, badai itu datang, dan menghantam kehidupan saya pribadi. Yang saya pikirkan hanya ini mas,” kata Mirnawati sambil menunjuk anak semata wayangnya yang masih berumur 4 tahun.

Mirna begitu dia dipanggil, memang telat mempunyai anak. Menikah di usia 22 tahun, dia baru dikarunia anak saat dirinya berumus 39 tahun. Sebuah, penantian yang panjang untuk mempunyai anak. Sebelum mempunyai anak, wanita manis ini selalu khawatir dengan keadaannya. Jangan-jangan nantinya ketidak punyaan anak menjadi alasan suami untuk meninggalkannya.

“Ehhh ternyata setelah mempunyai anak malah dia meninggalkan saya. Padahal saya saat ini merasa kebahagian yang ada di puncak. Suami yang usahanya yang sedang menanjak, anak yang kita tunggu-tunggu sudah hadir.  Mau apa lagi. Eh.., ternyata saya ditinggal,” kata Mirna sambil air matanya menetes dihadapan Mat Tadji.

Palang onggu oreng reyah. Niser onggu Bu Mirna (kurang beruntung orang ini. Kasihan Bu Mirna, Madura Red). Kebahagiaan sudah digenggamnya, ternyata lepas juga. Inilah kehidupan. Besok hari akan terjadi apa saja, kita tak mengetahuinya. Hanya Allah semuanya yang tahu,” kata hati Mat Tadji.

Perbincangan Mat Tadji dengan Bu Mirna berlangsung di sebuah warung di depan Kantor Pengadilan Agama Surabaya. Bu Mirna sedang mengurus pengajuan cerainya kepada suaminya, sebut saja Tarjo. Apa rencana Bu Mirna ke depannya?  “Tidak tahu mas. Saya ingin membesarkan Shanty (anak semata wayangnya). Hanya Shanty yang menjadi hiburan saya mas,” kata Mirna dengan wajah sendu.(*)

 

 

Hilangnya Cinta